Article
Kolaborasi Strategis Sabre Indonesia dan Citilink : Dorong Inovasi dan Efisiensi Operasional di Industri Penerbangan Nasional

Sebagai penyedia layanan Global Distribution System (GDS) yang telah beroperasi selama tiga dekade di Indonesia, Sabre Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan industri penerbangan. Tidak hanya menyediakan layanan GDS yang menjadi tulang punggung distribusi tiket pesawat, Sabre Indonesia juga memperluas cakupan bisnisnya melalui penyediaan berbagai solusi teknologi bagi maskapai penerbangan.
Salah satu pengembangan layanan yang ditawarkan adalah airline solution seperti Fare Management System, serta pengembangan produk dan teknologi lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasional maskapai. Hal ini menjadi bukti bahwa Sabre Indonesia bukan hanya mitra distribusi, tetapi juga mitra strategis dalam transformasi maskapai.
Dalam upaya memperluas kolaborasi, Sabre Indonesia baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Citilink Indonesia dalam penyediaan layanan GDS untuk maskapai berbiaya rendah (Low-Cost Carrier). Selain layanan GDS, kerja sama ini juga mencakup berbagai solusi teknologi penerbangan lain yang mendukung efisiensi dan efektivitas operasional dari maskapai Citilink.
Lebih dari itu, kolaborasi ini juga menjadi bagian dari sinergi Garuda Indonesia Group dalam memperkuat ekosistem penerbangan nasional, khususnya melalui pemanfaatan teknologi yang adaptif dan berorientasi pada efisiensi.
Langkah-langkah ini menunjukkan peran aktif Sabre Indonesia dalam mendorong digitalisasi industri penerbangan tanah air dan mempertegas posisinya sebagai mitra teknologi terdepan di Indonesia.
Related Articles
-
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS ABOUT TURKISH AIRLINES RESERVATION
Q1: Kapan perubahan ini mulai berlaku? A: Mulai 1 September 2024, konten TK tidak akan tersedia di Sabre sampai pemberitahuan lebih lanjut. Q2: Apa yang terjadi dengan pemesanan/reservasi TK yang dibuat di Sabre pada atau sebelum 1 September 2024? A: Pemesanan ini akan tetap aktif dan bisa digunakan sesuai tiket pada dan setelah 1 September 2024, tetapi tidak dapat dilakukan perubahan di Sabre. Agen harus memastikan reservasi mencakup email dan nomor telepon penumpang yang valid. Q3: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa mengambil reservasi TK setelah 1 September 2024? A: Tidak, Jika diperlukan perubahan/pembatalan reservasi setelah tanggal 1 September 2024, dapat dilakukan langsung oleh TK. Q4: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa mengeluarkan tiket pada PNR TK mereka setelah 1 September 2024? A: Tidak, reservasi yang memerlukan tiket harus ditangani langsung dengan TK. Q5: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre bisa melakukan changes/refunds/cancellations pada reservasi TK mereka setelah 1 September 2024? A: Tidak, semua changes/refunds/cancellations harus dilakukan langsung dengan TK. Q6: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa melihat ketersediaan dan jadwal TK di Sabre setelah 1 September 2024? A: Untuk Jadwal TK masih bisa dilihat di Sabre, namun untuk ketersediaan tidak dapat lagi dilihat di Sabre. Q7: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa memesan dan mengeluarkan tiket untuk penerbangan yang dioperasikan TK di Sabre setelah 1 September 2024? A: Tidak, Travel Agent yang menggunakan Sabre tidak bisa memesan atau mengeluarkan tiket untuk penerbangan yang dioperasikan TK di Sabre setelah 1 September 2024. Q8: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre bisa menukar tiket yang diterbitkan TK dengan tiket dari maskapai lain setelah 1 September 2024? A: Tidak. Q9: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre bisa memesan dan mengeluarkan faktur untuk segmen pasif TK di Sabre setelah 1 September 2024? A: Ya, namun volume segmen pasif harus sesuai dengan batas kontrak. Sabre tidak boleh digunakan sebagai sistem utama untuk reservasi TK yang dipesan setelah 1 September 2024. Q10: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih akan menerima segmen yang diperbarui jika terjadi perubahan tak terduga setelah 1 September 2024? A: Tidak. Q11: Apa yang terjadi jika ada perubahan jadwal pada penerbangan TK, tetapi tiket ini adalah interline dan diterbitkan pada maskapai lain? A: Travel Agent harus bekerja sama dengan maskapai yang memvalidasi tiket untuk memperbarui tiket. Karena pelanggan mungkin tidak menerima segmen TK yang diperbarui di PNR Sabre, disarankan pelanggan mengambil reservasi di situs web TK untuk memastikan tidak ada perubahan pada rencana perjalanan. Q12: Apa yang terjadi dengan profil penumpang yang terdapat nomor frequent flyer TK setelah 1 September 2024? A: Tidak akan ada perubahan pada profil penumpang. Q13: Apakah segmen PNR TK akan hilang seiring waktu setelah 1 September 2024? A: Ya, segmen PNR TK akan hilang seiring waktu seperti biasa. Q14: Apakah elemen SSR dan OSI akan tetap ditampilkan di Sabre? A: Ya, elemen SSR dan OSI yang dimasukkan pada atau sebelum 1 September 2024 akan tetap terlihat. Elemen SSR dan OSI yang dimasukkan pada atau setelah 1 September 2024 tidak akan terlihat. Q15: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa melihat seat maps TK? A: Tidak, Seat Maps Interaktif dan Seat Maps Pra-Pesan Interaktif tidak akan terlihat setelah 1 September 2024. Q16: Apakah Travel Agent harus memindahkan pemesanan TK mereka ke GDS lain? A: Meskipun memindahkan reservasi adalah opsi, namun agen bisa tetap menyimpan semua PNR di Sabre dan hanya mengambil tindakan yang diperlukan untuk PNR yang memerlukan perubahan untuk perjalanan setelah 1 September 2024. Q17: Bagaimana dengan negosiasi dengan maskapai? A: Setiap maskapai memiliki kebutuhan distribusi yang unik, dan masing-masing menerapkan strategi distribusi yang mereka anggap menguntungkan. Sabre berusaha membantu maskapai menerapkan strategi distribusi mereka sambil memastikan bahwa Sabre membawa nilai ke pasarnya, ke agen, dan ke penumpang yang dilayani. Q18: Akankah kita melihat maskapai lebih memilih koneksi langsung dengan Travel Agent sebagai hasil dari evolusi distribusi? A: Beberapa maskapai siap untuk bergerak cepat dalam mengontrol distribusi mereka dan beralih ke pemesanan langsung dengan agen perjalanan. Namun, koneksi langsung tidak dapat menyamai fungsionalitas GDS. Misalnya, koneksi langsung tidak bisa menyediakan perbandingan harga antar maskapai yang cepat dan efisien, alur kerja yang efisien, memenuhi persyaratan rumit untuk pemenuhan, penanganan pengecualian, dan integrasi back-office, serta tidak memungkinkan adanya aliansi dan konten interline. Juga penting untuk mempertimbangkan biaya yang akan ditanggung Travel Agent untuk mengintegrasikan dan mendukung koneksi langsung di masa depan, serta persyaratan komersial yang ditawarkan maskapai melalui koneksi langsung mereka. Q19: Apakah menurut kita agen akan mulai menggunakan koneksi langsung dan melewati GDS? A: Sebagian besar agen lebih memilih distribusi berbasis GDS karena memberikan kemampuan untuk melakukan perbandingan harga, memungkinkan alur kerja yang efisien, dan mengonsolidasikan konten di satu tempat untuk kemudahan konsumsi. Beberapa pelanggan agen telah menerapkan koneksi langsung dengan sejumlah maskapai, namun, mereka menyatakan bahwa cara tersebut mahal dan tidak efisien, terutama karena konten dan komitmen komersial dapat berubah. Pesan dari komunitas agen konsisten – mereka terus menekankan nilai dari akses terintegrasi penuh ke konten perjalanan yang luas dan dalam melalui efisiensi pasar Sabre, memungkinkan fokus pada pemulihan bisnis dan menghindari tekanan tambahan pada operasional Travel Agent. Q20: Apakah Sabre akan membuat penyesuaian jika Travel Agent gagal memenuhi komitmen kontraktualnya karena konten TK tidak tersedia? A: Ini akan dievaluasi berdasarkan kasus per kasus. Sabre akan bekerja sama dengan Travel Agent dengan itikad baik dan menawarkan fleksibilitas yang akan diberikan dalam kasus-kasus di mana konten ini berdampak material pada komitmen kontraktual agen. Q21: Bagaimana ini akan dikomunikasikan kepada pelanggan? A: Informasi akan diposting di Sabre Central, dan email akan dikirimkan kepada agen pemesan TK teratas pada 29 Agustus 2024. Q22: Apakah Sabre masih dalam pembicaraan dengan TK? A: Tidak saat ini. Namun, kami berharap maskapai ini akan menyadari nilai yang diberikan oleh GDS Sabre dan mempertimbangkan kembali posisinya. Sementara itu, kami tetap terbuka dan bersedia melanjutkan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang mempertimbangkan kebutuhan semua pihak. Q23: Apakah pembaruan ini berdampak pada akses ke konten AJet? A: Tidak, perjanjian AJet bukan bagian dari negosiasi ini, pekerjaan implementasi terus berjalan, dan peluncuran di Sabre tetap dijadwalkan pada 29 Agustus 2024. PDF: Question and Answer Tentang Turkish Airlines … READ MORE
-
Perubahan Jam Kerja Customer Service Sabre Selama Libur Natal dan Tahun Baru
Dalam rangka memperingati Hari Raya Natal dan Tahun Baru, bersama ini kami informasikan bahwa kantor Sabre Indonesia akan tutup pada tanggal 24 – 25 Desember 2020 dan 31 Desember 2020 – 1 Januari 2021. Pada tanggal 24 dan 31 Desember 2020 Customer Service kami tetap beroperasi mulai pukul 08.30 – 14.30 WIB. Dan di luar jam kerja tersebut pengguna Sabre dapat menghubungi nomor after office hour kami. Pelanggan Sabre yang memerlukan bantuan Customer services kami diluar jam kantor ataupun pada hari besar dapat menghubungi kami melalui : No. HP: 0812 186 2323 (Sabre) & 0877 7778 8197 … READ MORE
-
Selamat Natal & Tahun Baru 2015
Abacus eNewsletter Edisi 20, 2014 Selamat Natal & Tahun Baru 2015 Segenap direksi & karyawan PT. Abacus Distribution Systems Indonesia mengucapkan Selamat Natal 2014 & Tahun Baru 2015, terima kasih atas dukungan seluruh mitra usaha Abacus selama ini, kami akan terus memberikan solusi dan pelayanan terbaik. Kirimkan kartu natal & tahun baru electronic via Abacus eCard, karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengekspresikan apresiasi Anda atas kepercayaan dan loyalitas yang ditunjukan oleh mitra bisnis dan para pelanggan Anda. Login ke Abacus eServices untuk membuat eCard dengan beragam pilihan kartu electronik untuk Anda. Klik di sini untuk mencobanya sekarang. [ezcol_2third] Abacus & Royal Brunei Joint Promotion, Only On Abacus System Dapatkan shopping voucher setiap issued tiket Royal Brunei di Abacus, syarat & ketentuan berlaku. Segera booking dan issued sekarang! promosi berlaku mulai 1 Desember 2014 – 31 Maret 2015. Baca berita selengkapnya di sini. Hubungi Abacus Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Walk away with USD100. When you issue 500 tickets or more via Abacus TicketingExpress Dapatkan USD 100 setiap issued 500 ticket atau lebih melalui Abacus TicketingExpress. Syarat & ketentuan berlaku. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut. Booking Asuransi Semakin Mudah Dengan Helper Apps – Abacus Travel Secure di AWS Menggunakan graphic user interface (GUI) yang baru booking asuransi di Abacus menjadi lebih mudah. Sebelum entry lama dihapuskan, segera lihat guideline booking asuransi melalui Abacus WorkSpace sekarang. Klik di sini untuk pelajari sekarang. Abacus TripCase Connect Dengan Abacus TripCase Connect, travel agent dapat memberikan dokumen kepada wisatawan melalui email, mengimpor secara otomatis semua detail reservasi ke akun ‘TripCase’ wisatawan, mengelola serta menyesuaikan dokumen template dan branding, dll; dan wisatawan cukup men-download aplikasi TripCase tanpa biaya dari Apple App Store atau Google Play Store untuk digunakan!Klik di sini untuk informasi lebih lanjut. Remote Support Abacus Kini Dapat Didownload Dan Diinstal Melalui Web Abacus Indonesia! Remote Support terkoneksi ke PC atau server mana saja di seluruh dunia hanya dalam beberapa detik. Melalui aplikasi ini customer support Abacus dapat meremote PC Travel Agent dari jarak jauh, seolah-olah helpdesk Abacus sedang duduk tepat di depannya. Baca selengkapnya di sini. Pemenang Abacus Hotel Promotion Selamat Kepada Pemenang Abacus Hotel Promotion Di Indonesia. The Langham Melbourne – MEL : MM dari Dwidaya Tour & Travel Concorde Hotel Singapore – SIN : EL dari Golden Nusa Jaya FCM Client. Hadiah akan disegera diinformasikan kepada para pemenang. Hubungi Abacus Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Penandatanganan Kerjasama Antara Abacus Indonesia dengan PT. Jaya Proteksi Takaful Produk asuransi perjalanan umro haji dari Jaya proteksi akan dapat dijual melalui electra system, solusi lokal dari Abacus Indonesia. Hal ini dapat terwujud melalui kerjasama baru antara Abacus dengan PT. Jaya Proteksi Takafull yang baru saja ditandai oleh Managing Director Abacus Indonesia Iswandi Said dan President Director PT. Jaya Proteksi Takaful Anton Fahlevie di kantor Abacus beberapa waktu lalu. Hubungi Electra Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Vistara Bermitra Dengan Abacus Untuk Konten Distribusi di Asia Pasifik Vistara, full service airlines baru India menargetkan komunitas agen perjalanan di Asia Pasifik sebagai bagian dari Perjanjian Distribusi yang baru ditandatangani dengan Abacus International. Baca selengkapnya di sini. Tips melihat Rules Menu dan Rules Text retrieval dari menu di dalam host Abacus. Simak tips melihat Rules Menu dan Rules Text retrieval dari menu di dalam host Abacus di sini. [/ezcol_2third] [ezcol_1third_end] … READ MORE
-
Together We Share, Together We Care : Insan Sabre Indonesia Berbagi Bersama Drive Ojek Online
Sebagai bagian dari komitmen, Insan Sabre Indonesia kembali melaksanakan kegiatan sosial bertajuk “Together We Share, Together We Care”. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian perusahaan dan seluruh insan Sabre Indonesia terhadap sesama, khususnya bagi para driver ojek online yang berada di sekitaran kantor di Mampang Prapatan. Dalam pelaksanaannya, Insan Sabre Indonesia secara gotong royong menyiapkan dan mendistribusikan paket makanan kepada para driver ojek online yang melintas di sekitar area. Momen ini tidak hanya menjadi ajang untuk berbagi, tetapi juga mempererat rasa empati dan solidaritas di lingkungan kerja. Program tersebut juga merupakan bentuk implementasi Sabre Culture di Sabre Indonesia, khususnya nilai Collaboration, yang senantiasa secara berkesinambungan dilakukan oleh Insan Sabre Indonesia melalui berbagai inisiatif yang nyata. Semangat berbagi yang tumbuh dari inisiatif bersama ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menginspirasi kegiatan positif lainnya ke depan. Terima kasih kepada seluruh Insan Sabre Indonesia yang telah berkontribusi dan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Bersama, kita bisa memberikan dampak yang lebih besar bagi lingkungan … READ MORE
-
Abacus Indonesia Kembali Menggelar Program Promosi BOOK n’ DRIVE Berhadiah Mobil Mazda 2 dan Hadiah Senilai Puluhan Juta Rupiah Lainnya.
Program promosi kali ini bertajuk “Abacus Book & Drive Season 2” dengan nilai total hadiah yang lebih besar dan periode promosi yang lebih panjang yaitu dari tanggal 01 November 2012 sampai dengan 30 April 2013. Read More : Abacus eNewsletter (Bahasa Indonesia) 31 Oktober … READ MORE
-
Pemeringkatan Tingkat Kesehatan Perusahaan PT Sabre Travel Network Indonesia
Pada 16 Agustus 2024 lalu, Sabre Indonesia selaku anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah berhasil mendapatkan peringkat atas Kesehatan Perusahaannya : idBBB+/Stable (Triple B Plus; Stable Outlook) dengan klasifikasi “Sehat” + menunjukan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan diatas rata-rata kategori yang bersangkutan diterbitkan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk periode 1 Agustus 2024 hingga 1 Agustus 2025 mengacu kepada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-2/MBU/03/2023 tentang “Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan BUMN” Pemeringkatan ini dilakukan oleh Pefindo terhadap data dan informasi yang disampaikan oleh Sabre Indonesia dan Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2023. Pencapaian ini merupakan hasil dari dedikasi seluruh insan Sabre Indonesia dalam menjalankan bisnis yang sehat dan bertanggung jawab. Kami, insan Sabre Indonesia akan terus berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan peringkat ini di masa mendatang. Maju terus Sabre … READ MORE
-
Abacus Indonesia Menerbitkan Abacus WhoozzMail.
Untuk terus mengupdate pengguna Abacus dengan informasi terbaru terkait program promosi Abacus Whoozz berhadiah puluhan motor dan gadget terbaru lainnya. Abacus menerbitkan Abacus Whoozz Mail. Edisi 16, 18 Juli 2012 Read More : Abacus eNewsletter [Bahasa … READ MORE
-
Enny Kristiani Resmi Menjabat Sebagai Direktur Utama Sabre Travel Network Indonesia
Berdasarkan rapat pemegang saham, per tanggal 1 Juli 2021, Ibu Enny Kristiani diberikan kepercayaan untuk memegang jabatan sebagai Direktur Utama PT Sabre Travel Network Indonesia. Ibu Enny optimis bahwa kita semua dapat melewati masa berat pandemic ini dan keluar dari krisis serta semakin kuat di kemudian harinya. Beliau sangat antusias untuk mendengarkan saran, kritik, usulan serta tanggapan dari perspektif Mitra Sabre Indonesia. Beliau juga membuka pintu ruang kepada Mitra Sabre Indonesia untuk berkenalan melalui conference call. Semoga Kerjasama yang sudah terjalin dengan baik akan berlanjut dan semakin membaik di kemudian harinya. Sukses untuk kita … READ MORE