Article
Bergerak Cepat Dengan Online Self-Service

Penggunaan web dan mobile dalam bisnis travel semakin pesat, dan secara signifikan mengubah cara agen perjalanan, dan pemasok, melakukan bisnis dengan pelanggan mereka. Tapi bukan hanya wisatawan yang mengharapkan saluran ini menjadi lebih sentral untuk perjalanan mereka. Anda, pelanggan kami, juga telah memberitahu kami bahwa Anda ingin melakukan bisnis secara online, termasuk memiliki akses yang lebih besar untuk menggunakan self-service support. Studi terbaru telah benar-benar menunjukkan bahwa online self-service sekarang merupakan saluran pilihan untuk berkomunikasi dengan pelanggan
Mengapa demikian? saluran online itu…
- Instan dan efisien – menyelesaikan masalah segera dengan mencari solusi online tanpa perlu menghubungi seseorang – jika itu yang Anda pilih.
- Tersedia 24/7 – alat online self-service menyediakan dukungan 24 jam yang nyaman.
- Sumber belajar yang efektif – agen memungkinkan untuk menjadi lebih mandiri dengan akses ke sumber pengetahuan di ujung jari mereka.

Self-Service Convenience untuk Agen Perjalanan
Layanan pelanggan adalah prioritas utama di Sabre, sehingga kami sudah berinvestasi dalam memberikan lebih banyak lapisan dukungan untuk agen perjalanan kami di Asia Pacific, termasuk opsi self-service support melalui saluran online.
Jean Shaw, wakil presiden operasi, Sabre Travel Network Asia Pacific mengatakan, “kami telah membuat berbagai saluran dukungan dalam rangka memberikan pelanggan kami pilihan untuk memilih saluran pengiriman yang mereka rasa paling nyaman – baik itu online, melalui telepon atau secara pribadi. Online suppport tools kami yang lengkap menyediakan akses ke sumber daya pelatihan dan pemasaran, laporan online, dokumentasi support dan banyak lagi. Pada akhirnya para pelanggan yang memilih menggunakan online support, mereka dapat menghemat waktu, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.”
Solusi dukungan online gratis Sabre ini meliputi: 
Agency eServices – Pusat online yang menyediakan berbagai sumber dukungan produk dan alat pelatihan untuk agen perjalanan.
Personal Trainer – Sebuah multimedia e-courseware yang menyediakan serba cepat, pelatihan online secara interaktif ke serangkaian produk Sabre.
Format Finder – Lebih dari 26.000 format sistem Sabre untuk membantu agen mendapatkan format entry yang tepat dan cepat.
Agen Connect – Sebuah platform di mana agen perjalanan yang terhubung dalam jaringan Sabre dapat mengajukan pertanyaan, membaca dan posting tips dan mengulas artikel blog yang mencakup tren dan perkembangan industri.
Menjadi konsultan utama untuk wisatawan Anda – cepat. Kunjungi Agency eServices hari ini.
Agen juga dapat mengakses Agency eServices langsung dari Sabre Red Workspace.
[1] http://www.aspect.com/globalassets/hidden-files/trends-2016-the-future-of.pdf
Related Articles
- 
                    
                                                      Sabre Indonesia Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2025Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sabre Indonesia mengadakan Upacara pada hari Rabu, 01 Oktober 2025 yang diikuti seluruh insan Sabre Indonesia. Upacara ini dipimpin langsung oleh Bapak Jaya Avianto sebagai Direktur Sabre Indonesia Pancasila adalah dasar negara yang kokoh, yang mampu menjaga persatuan Indonesia dari berbagai ancaman. Oleh karena itu Insan Sabre kita juga harus menjadikan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai pengingat untuk terus menjaga persatuan, toleransi, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, nilai-nilai Pancasila tidak hanya jadi slogan, tapi benar-benar hidup dalam keseharian … READ MORE 
- 
                    
                                                Indonesia Airline Leaders Forum 2014Abacus International, bersama-sama dengan Abacus Indonesia, menjamu lebih dari 60 perwakilan maskapai di Indonesia pada Indonesia Airline Leaders Forum yang pertama di Le Meridien Jakarta, Indonesia pada 28 Agustus 2014 lalu. Forum ini diadakan untuk membahas penerbangan di Indonesia dan memahami kebutuhan mereka untuk membantu mendorong bisnis lebih lanjut. Iswandi Said, Managing Director Abacus Indonesia memulai forum dengan menyambut semua perwakilan maskapai yang berpartisipasi, diikuti dengan sesi berbagi wawasan oleh para pembicara dari Abacus International yang ahli di bidangnya. Forum membahas topik yang menarik para tamu – Mulai dari keadaan industri penerbangan dan pasar penerbangan saat ini, tren perjalanan perusahaan dan online serta berbagai solusi Abacus yang akan meningkatkan bisnis maskapai penerbangan. Forum ini diakhiri dengan makan siang di mana pandangan dan ide-ide yang dipertukarkan pada bagaimana Abacus dan bagaimana maskapai bisa bekerja lebih baik bersama-sama. Lihat foto-foto acara di … READ MORE 
- 
                    
                                                      Hadir Kembali di Jakarta, Korea Travel Fair Tawarkan Tujuan Wisata “Anti Mainstream” untuk Para PengunjungnyaJakarta, 12 Maret 2019 – Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta kembali mengajak wisatawan Indonesia untuk merasakan dan menjelajah Korea lebih banyak dengan cara khusus dan lebih pribadi bersama teman atau keluarga tercinta melalui kampanye #AkudanKorea. Tujuan utama dari aktivitas ini adalah agar wisatawan Indonesia bisa lebih tahu dan mengenal tujuan-tujuan wisata baru dan anti-mainstream di Korea seperti di Incheon, Gyeonggi, Gangwon, Daegu, Busan, Gyeongnam, Jeollanam, Jeollabuk, Chungcheongbuk, Daejon dan Chungcheongnam, yang masih belum terekspos secara luas. Kampanye #AkudanKorea ini fokus pada berbagai aktivitas promosi offline dan online untuk menarik wisatawan FIT Indonesia, dengan menggelar Korea Travel Fair 2019 dan berbagai aktivitas online di situs www.akudankorea.com serta media sosial KTO Jakarta. Aktivitas Offline Di bidang offline, KTO Jakarta akan menggelar Korea Travel Fair 2019 pada 15 – 17 Maret, 2019, di Laguna Atrium, Central Park Mall. Acara ini didukung penuh oleh Kedutaan Republik Korea untuk Indonesia. KTO Jakarta juga menggandeng Bank Mandiri sebagai mitra bank dan Sabre Travel Network Indonesia sebagai mitra Global Distribution System (GDS). Empat maskapai yang berpatisipasi dalam acara tahun ini adalah Asiana Airlines, Cathay Pacific, Korean Air dan Thai Airways, serta 10 agen wisata terbaik Korea. Bank Mandiri sebagai bank partner resmi ‘Korea Travel Fair 2019’ juga telah mempersiapkan sejumlah penawaran menarik bagi wisatawan yang akan mengunjungi Korea. Noorman Andrianto, Asst. Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri, mengatakan, “Korea masih menjadi destinasi favorit bagi nasabah Bank Mandiri. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya jumlah transaksi kartu Mandiri di Korea, sebesar 20% pada tahun 2018. Atas dasar tersebut, Bank Mandiri senantiasa memberikan penawaran terbaik bagi pemegang Mandiri Kartu Kredit maupun Mandiri Debit yang ingin berlibur ke Korea”. Aktivitas Online Sebagai penunjang kampanye melalui ranah online, KTO Jakarta akan meluncurkan kembali situs www.akudankorea.com dengan wajah baru. Situs yang sukses diresmikan sejak tahun lalu ini akan digunakan sebagai pusat informasi wisatawan. Terdapat beberapa kanal utama pada situs tersebut untuk mempermudah wisatawan dalam mencari informasi yang mereka butuhkan, seperti : Event Terbaru berisikan informasi terkait beragam acara menarik seperti festival, acara terbaru yang diselenggarakan di Korea, atau acara di Indonesia yang diselenggarakan oleh KTO Jakarta. Destinasi berisikan informasi destinasi-destinasi baru, destinasi anti-mainstream dan info wisata menarik seperti wisata Hallyu, tradisional dan destinasi unik lainnya yang cocok bagi wisatawan FIT. Penawaran Khusus berisikan informasi berbagai promosi atau diskon yang ditawarkan oleh berbagai pelaku wisata seperti hotel, restoran, transportasi, toko-toko, tiket pesawat, dan lain-lain. Testimoni berisikan kesan dan saran dari teman-teman traveler yang sudah pernah ke Korea. Tidak hanya informasi saja, situs www.akudankorea.com juga akan menjadi pusat aktivasi online seperti trivia kuis, photo challenge dan aktivitas online lainnya. Dengan semua aktivitas tersebut, KTO Jakarta mengajak wisatawan Indonesia untuk tidak hanya berwisata di Korea tetapi juga merasakan dan menjelajahi Korea yang sesungguhnya. Sebagai negara ramah turis, pelayanan dan fasilitas wisata ke Korea pun dikembangakan guna mendorong wisatawan untuk mengeksplorasi tempat atau tujuan sesuai dengan preferensi masing-masing wisatawan, sehingga mereka dapat menemukan serta menikmati Korea dengan maksimal. Kampanye ini juga sebagai bukti bahwa Korea akan semakin ramah terhadap wisatawan dan sangat mudah untuk dijelajahi oleh wisatawan, khususnya dari … READ MORE 
- 
                    
                                                      Masuki Tahun Penyelenggaraan ke – 10, Sabre Konsisten Tunjukan Kontribusi Dorong Kesuksesan Astindo Travel FairASTINDO kembali menggelar Travel Fair terbesar di Indonesia, yaitu ASTINDO Travel Fair 2020 yang diselenggarakan tanggal 21 – 23 Februari 2020 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Selain di Jakarta, ASTINDO Travel Fair 2020 juga secara bersamaan akan digelar di Palembang dan Padang, sedangkan di Surabaya dan Bali akan diselenggarakan menyusul pada tanggal 6 – 8 Maret 2020. Astindo Travel Fair kali ini memasuki tahun penyelenggaraan yang ke – 10 tahun, dan selama itu pula Sabre terus konsisten berkontribusi menjadi GDS (Global Distribution System) yang mendukung kesuksesan kegiatan Astindo Travel Fair. Eksistensi Sabre dalam pameran ini, tergambar dalam video napak tilas Astindo Travel Fair yang diputarkan pada upacara pembukaan Astindo Travel Fair. Ketua ASTINDO, Elly Hutabarat, dalam sambutannya pada saat launching menyambut gembira penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair 2020 yang memasuki tahun penyelenggaraannya yang ke-10. “Memasuki usia penyelenggaraan yang ke-10 merupakan hal yang tidak mudah. Namun berkat konsistensi dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat, serta dukungan dari stakeholder pariwisata termasuk mitra perbankan dan asuransi, ASTINDO Travel Fair mampu mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu travel fair yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. “Sebagai ajang pameran wisata terbesar di Indonesia yang telah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-10, kami berharap ASTINDO Travel Fair dapat mengukuhkan perannya sebagai ajang pameran wisata yang dapat memberikan referensi terbaik bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam merencanakan perjalanan wisatanya, baik domestik maupun internasional, serta mampu mengakomodasi kebutuhan pelaku industri pariwisata dan semakin banyak menampilkan destinasi-destinasi wisata domestic dan di mancanegara, serta mendukung kemajuan industri pariwisata di Indonesia, karena Indonesia memiliki potensi destinasi pariwisata dan wisatawan besar,” tambah Elly. ASTINDO Travel Fair dari tahun ke tahun selalu berkembang, keikutsertaan destinasi, obyek pariwisata, dan sarana pendukung wisata semakin beragam, sehingga diharapkan semakin mampu menarik minat pengunjung datang ke ASTINDO Travel Fair 2020. Peserta yang berjumlah genap 100 exhibitor terdiri dari 16 Airlines; 44 Travel Agent; 10 National Tourist Organization (NTO); 3 Hotels, 2 Cruises; 15 Travel Related Service dan 10 Sponsor. Selama tiga hari pameran, baik para Airlines Internasional maupun Domestik akan menawarkan diskon spesial untuk harga tiket-nya selama berlangsungnya ASTINDO Travel Fair 2020. Selain para Travel Agent yang termasuk dari 10 provinsi di Indonesia akan menyajikan Paket-paket Domestik Tour nya, para NTO dari mancanegara juga akan mempromosikan dan memberikan informasi terbaru tentang destinasi pariwisatanya kepada seluruh pengunjung Astindo Travel … READ MORE 
- 
                    
                                                      Untuk Ke-11 Kalinya, Sabre Dipercaya Menjadi Official GDS pada Japan Travel Fair 2019Sabre Indonesia kembali dipercaya oleh Japan National Tourism Organization (JNTO) untuk menjadi official GDS pada kegiatan Japan Travel Fair yang akan diselenggarakan pada 1 sampai 3 Maret 2019, pukul 10:00 hingga 22:00 WIB di Mall Kokas (Food Society, Grand Atrium, dan Mozaic Walk). Kepercayaan tersebut tentu membuktikan bahwa Sabre masih menjadi GDS yang dapat diandalkan dalam mendukung berbagai Travel Fair dengan skala besar seperti Japan Travel Fair. Pada Japan Travel Fair, berbagai destinasi wisata akan diperkenalkan kepada para pengunjung. selain itu, JNTO akan memperkenalkan wisata alternatif 3 daerah wisata alternatif di Jepang untuk wisatawan Indonesia, yaitu: Prefektur Hokkaido Daerah Chugoku (Prefektur Hiroshima, Okayama, Shimane, Tottori dan Yamaguchi) Daerah Chubu (Prefektur Aichi, Fukui, Gifu, Ishikawa, Mie, Nagano, Shizuoka dan Toyama) Daerah Kyushu (Prefektur Fukuoka) Terdapat pula sejumlah penawaran menarik selama JTF berlangsung, antara lain; Tiket pesawat PP ke Jepang dengan penawaran istimewa dari 5 maskapai penerbangan: All Nippon Airways, Cathay Pacific Airways, Garuda Indonesia, Japan Airlines, dan Singapore Airlines. Periode perjalanan hingga Feburari 2020. Paket wisata menarik, JR Pass, tiket theme park, SIM Card/WiFi, hotel dan lainnya dari 22 agen perjalanan; Hadiah langsung dari JNTO untuk setiap transaksi di agen perjalanan yang ada di pameran; Potongan harga hingga lima juta rupiah dan cicilan 0% hingga 12 bulan khusus bagi pemegang kartu kredit Bank Mandiri. Turut hadir pula eksibitor dari Jepang, termasuk pengelola transportasi bus, kereta dan shinkansen, pusat perbelanjaan Don Quijote dan SOGO, serta pemerintah daerah untuk mempromosikan daerah pariwisatanya masing-masing, seperti Himeji, serta Prefektur Hokkaido, Ishikawa, Okayama, dan Okinawa sehingga pengunjung berkesempatan memperoleh informasi destinasi baru mengenai wisata di … READ MORE 
- 
                    
                                                      Sabre Memenangkan Kategori “Most Supportive Technology Partner” pada Australia Travel Daily Awards 2020Pada ajang Australia Virtual Travel Daily Awards 2020, Sabre terpilih sebagai penerima penghargaan kategori “Most Supportive Technology Partner”, yang diumumkan selepas upacara pembukaan kegiatan pada 30 September 2020 lalu. Penghargaan ini diberikan kepada Travel Agent dan para supplier atas dukungan industri yang luar biasa dari mereka melalui Covid-19, dengan 19 pemenang dari masing-masing kategori. Lebih dari 600 nominasi telah diterima pada tahpa awal penghargaan, setelah itu kategori supplier diputuskan menggunakan pemungutan suara (voting), semntara kategori Travel Agent oleh tim panel terkemuka termasuk mantan ketua AFTA, Mike Thompson, Anne Rogers dari Wingsaway Travel dan tim Travel Daily. Selamat kepada tim Sabre karena telah memberikan kontribusi terbaik kepada pelanggan dan mitra Sabre pada masa-masa sulit, hingga memenangkan dukungan dan suara industri. Baca berita selengkapnya … READ MORE 
- 
                    
                                                      Sabre Travel Network Indonesia di Japan Travel FairJakarta, 16 September 2016. Sabre Travel Network Indonesia kembali ikut serta mensukseskan Japan Travel Fair. Event yang digelar oleh Japan National Tourism Organization (JNTO) ini telah diadakan di Mall Kota Kasablanka pada tanggal 10 – 12 September 2016 lalu. Diikuti oleh 12 peserta pameran dari Jepang, 5 Airlines Internasional dan Bank BNI sebagai Bank partner, berbagai penawaran menarik untuk berwisata ke Jepang bisa ditemukan di sini. Sambil bertransaksi di 20 travel agent peserta Japan Travel Fair, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai hiburan dan atraksi dari negeri Sakura. Sabre Travel Network Indonesia sendiri berpartisipasi dengan menyediakan lebih dari 120 system sabre untuk travel agent pengguna Sabre peserta pameran. Tercatat lebih dari 3,000 tiket terjual selama 3 hari pelaksanaan Japan Travel … READ MORE 
- 
                    
                                                Dapatkan Keuntungan Lebih Dengan Abacus Ferry!Abacus eNewsletter Edisi 16, 2014 Dapatkan Keuntungan Lebih Dengan Abacus Ferry! Raih kesempatan melakukan cross-selling untuk pelanggan Anda yang terbang ke Hong Kong menggunakan Cathay Pacific, karena dengan Abacus Ferry Anda dapat menjual tiket ferry seperti tiket Cotai Water Jet yang telah terkenal menghubungkan Hong Kong dengan Macau. Tersedia di Abacus WorkSpace dan dapat diakses melalui single sign-on, Abacus Ferry memungkinkan agen perjalanan untuk memberikan pengalaman perjalanan yang terintegrasi bagi para pelanggan mereka. Abacus Ferry juga memungkinkan Anda menambahkan service fee / mark up kedalam harga net tiket – sehingga Anda dapat meningkatkan keuntungan pada setiap pemesanan. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut. [ezcol_2third] Beralih ke Abacus WorkSpace, Efektif Tanggal 30 September 2014 Abacus Whiz Akan Dinonaktfikan! Untuk Anda yang masih menggunakan Abacus Whiz, bersama ini kami informasikan bahwa mulai Juli 2014, Abacus Whiz sudah mulai dinonaktifkan secara bertahap hingga tanggal 30 September 2014. Sehingga pada tanggal 1 Oktober 2014 semua Abacus Whiz tidak lagi dapat diakses. Segera gunakan Abacus WorkSpace, point of sales Abacus terbaru yang siap memenuhi tantangan teknologi sistem reservasi di masa depan. Lihat semua informasi terkait Abacus WorkSpace di eServices atau hubungi Abacus Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Sosialisasi Entry Baru Untuk EMD & Fare Ticketing PQ+ Di Jakarta Dengan sudah diberlakukannya EMD sebagai pengganti VMPD oleh Airlines dan akan diimplementasikannya entry baru Fare Ticketing Abacus pada tanggal 12 Agustus 2014. Abacus Indonesia mengundang Travel Agent pengguna Abacus di Jakarta untuk mengikuti Halfday Training yang akan diadakan mulai Tangal 07 s/d 23 July 2014. Schedule dan Undangan training akan kami kirimkan ke alamat email Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sdri. Ira Training melalui telephone ke 021 27535399 Ext. 1124 atau email ke : training@sabretn.co.id Jangan Ketinggalan, Mulai Pelajari Cara Memasukan Harga & Issued Tiket Menggunakan Entry Baru Abacus PQ+! Efektif tanggal 12 Agustus 2014 Abacus Indonesia akan memberlakukan entry Fare Ticketing baru yang diberi nama Abacus PQ PLUS. Simak apa saja entry fare ticketing yang berubah terkait implementasi Abacus PQ di sini atau donwload cue cardnya di sini. Abacus PQ+ memiliki kelebihan dibandingkan dengan entry sebelumnya seperti antara lain; Tersedia fasilitas jejak audit entri harga sehingga dapat melihat “History Entry Ticketing” apa saja yang telah digunakan saat menyimpan harga maupun issued tiket Dapat menyimpan hingga 99 FARE RECORDS termasuk yang telah dihapus maupun di-reissued Database yang diperluas, Mampu menyimpan lebih banyak informasi sehingga memenuhi kebutuhan pengolah lebih lanjut di masa depan Langkah menyimpan dan issued tiket menjadi lebih singkat tanpa perlu “Accept” ataupun memodifikasi TFR. Hubungi Abacus Helpdesk untuk informasi lebih lanjut. “Get Away With Abacus Hotel” Abacus Hotel Promotion Q3, 2014 Chek in di hotel yang Anda inginkan dengan Abacus Hotel kuartal ini! Dengan penawaran terbaik dari jaringan hotel Abacus yang luas di seluruh Asia Pasifik. Booking kamar dengan harga terbaik, lebih dari 90 hotel di Australia, Europe, India, Philippines dan Singapura! Dapatkan komisi hingga 15% dan kesempatan memenangkan gratis menginap lengkap dengan sarapan pagi untuk dua orang! Mulai booking melalui Abacus Hotel sekarang. Download promotional guide di sini. Jangan Lewatkan Beberapa Joint Promosi Abacus Dengan Airlines Berikut Ini. Abacus Indonesia bekerjasama dengan beberapa Airlines di Indonesia menggelar Joint promosi. Melalui program promosi ini travel agent pengguna Abacus berkesempatan mendapatkan harga special dan hadiah-hadiah menarik lainnya. Jangan lewatkan beberapa joint promosi Abacus dengan Airlines berikut ini; Get Your Shopping Voucher For Every Ticket Issued on Royal Brunei BE ETIHAD & ABACUS TOP SELLERS Dapatkan JAL Special Fares “New/Additional Flight JL720/JL729″ Hanya di Abacus FareX & Menangkan Hadiah Promosinya Book and Win Sector SUB-SIN GA (Joint Program Abacus dengan GA SUB) Khusus Untuk IATA Agent di Surabaya Klik link yang tersedia atau hubungi Abacus Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Abacus Product Seminar 2014 “Join us to tap on the latest technology and experience our new level in productivity solutions” Abacus kembali mengadakan Abacus Product Seminar & Awarding Ceremonies 2014. Sebuah event yang memperkenalkan solusi terbaru Abacus dalam membantu meningkatkan produktifitas Travel Agent. Seperti juga tahun sebelumnya, pada kesempatan ini Abacus juga akan mengumumkan para pemenang program promosi Abacus Book & Drive 3 berhadiah mobil Honda New CR-V serta hadiah menarik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sdri. Rahman melalui telephone ke 021 27535399 atau email ke : marcomm@sabretn.co.id Jet Asia Airways Memilih Abacus Untuk Ekspansi Pasar Regional Jet Airways Asia telah menandatangani perjanjian distribusi dua tahun dengan Abacus International pada tanggal 19 Juni untuk membangun pangsa pemesanan dalam saluran B2B di seluruh Asia Pasifik.Langkah ini akan mendukung ekspansi maskapai Thailand, dengan lebih banyak jadwal layanan memperkuat jaringan dan melengkapi layanan “full services” penerbangan charter saat ini. Abacus adalah Sistem Distribusi Global pertama yang membawa konten Jet Airways Asia, memberikan travel agent pengguna Abacus akses unik ke semua layanan maskapai penerbangan yang ada maupun yang direncanakan, termasuk tarif dan produk tambahannya.Klik di sini untuk baca selengkapnya. Abacus WorkSpace Tips & Updates Seiring dengan semakin meningkatnya pengguna Abacus WorkSpace, berikut ini beberapa tips dan updates mengenai Abacus WorkSpace: Aplikasi Red Apps berikut ini sudah otomatis muncul di AWS: ET-PIR, Itinerary, Booking Services, Reissuance, Ticketing, APIS, INF & CHD dan Endorsment Overflow EPR 999999 harus digunakan paling sedikit 1 bulan sekali untuk menghindari inactive sign in jika 3 bulan EPR tidak digunakan! Response Keyboard lock sudah tidak muncul lagi Launch time pada saat open AWS saat ini normalnya 1 – 1,5 menit hal ini karena adanya proses security cheking di system AWS. Kunjungi Abacus eServices atau hubungi Abacus Indonesia untuk informasi lebih lanjut. [/ezcol_2third] [ezcol_1third_end] … READ MORE