Article
Ayo Ikuti Training Online Sabre Melalui Sabre Central!

Work from home bukanlah kendala untuk tetap produktif dan menambah wawasan untuk meningkatkan kemampuan. Untuk kamu travel consultan pengguna Sabre, kamu bisa ikut training Sabre melalui Sabre Central.
Kapanpun dan dimanapun kamu bisa menambah ataupun mengulas kembali materi seputar Sabre dan produk-produk lainnya. Segera kunjungi https://central.sabre.com dan login menggunakan sign in Sabre Red Workspace kamu!
Related Articles
-
MH CORRECTION PROCESSES & POLICIES
Revisi kebijakan proses koreksi nama dengan notif sebelumnya pada tanggal 24 juli 2017. Proses dan peraturan berikut akan menggantikan semua peraturan koreksi nama yg berlaku sebelum nya. Kebijakan berikut berlaku untuk semua pembukuan MH yang menggunakan dokumen MH dan semua penerbangan yang beroperasi menggunakan MH. Peraturan berikut berlaku untuk pembukuan yang di buat oleh Travel Agentts dengan GDS. Pada kebijakan yg di revisi berikut, hanya berlaku satu kali koreksi nama yg diizinkan sebelum / sesudah issued ticket. Prosedur koreksi nama untuk 1-3 karakter. Koreksi nama diperbolehkan untuk: Maksimum 2 karakter pada nama depan & titel. Dimana total nya maksimal 3 karakter. Travel Agent kontak Call Center 24 jam / sales MH. Travel Agent kontak GDS. Prosedur koreksi nama lebih dari 3 karakter: Travel Agent harus kontak call centre 24 jam / Sales MH. Travel Agentt wajib menyediakan dokumen pendukung seperti paspor, sebagai bukti bahwa nama tidak sesuai. Penggantian nama lebih dari 3 karakter didasarkan pada kebijaksanaan MH Apabila di otorisasi, nama akan di koreksi oleh MH dalam jangka waktu 24 jam dan hanya dapat dilakukan selama hari kerja dari senin-jumat. Kemudian Travel Agent harus kontak gds untuk merubah nama yang sebenarnya. Travel Agent wajib memasukan kembali ssr seperti req meals, req seat dll . Apabila ticket sudah di issued maka harus memasukan kembali nomor ticket nya Mohon perhatikan ticketing time limit pada PNR tersebut. Change name tidak diperbolehkan airlines Maksimal karkter nama adalah 29 karakter Nomor telpon call centre MH: Telepon 1-300-88-3000 (di dalam Malaysia) atau +603 7843 3000 (di luar Malaysia). Tekan #8 untuk keperluan Travel … READ MORE
-
Pemberitahuan Abacus Automated Exchanges Mulai Diimplimentasikan
Abacus Automated Exchanges Mulai Diimplimentasikan Untuk menghindari terjadinya kesalahan penggunaan, saat ini Abacus baru mengaktifkan fasilitas ini untuk travel agent yang telah mengikuti training. Training telah dilakukan di Abacus Jakarta pada tanggal 22 dan 29 May 2015, lebih dari 80 Travel Agent IATA mengikuti training ini. Automated exchange atau disebut juga Auto Reissue adalah fasilitas menghitung dan reissue tiket yang mudah dan singkat, semula travel consultan membutuhkan 7 langkah dan ketelitian untuk me-reissue tiket, kini dengan Auto reissue dapat dilakukan hanya dalam 4 langkah singkat dan sangat mudah, sehingga dapat menghilangkan ketegangan travel consultan saat melakukan reissue, apalagi fasilitas ini juga digaransi Abacus. Saat ini sudah terdapat 19 Airlines yang berpartisipasi dengan fasilitas Abacus Automated Exchanges. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai Abacus Automated Exchanges Download Materi training Abacus Automated Exchanges (8k) Contoh langkah demi langkah reissued tiket karena merubah kelas booking (4k) Contoh langkah demi langkah reiussed tiket karena reroute … READ MORE
-
HIGH SEASSON TIPS
Memperhatikan time limit masing – masing airlines dan issue ticket sebelum jatuh tempo. Perhatikan queue system dan selalu update PNR dalam queue tersebut, (terutama Q0 dan Q1 untuk konfirmasi, Q7 untuk HX, dan Q9 mengenai informasi TAW) Gunakan fasilitas email Helpdesk untuk correction name dan Unsynchronized PNR. Ke email : helpdesk@abacus-ind.co.id Janganlupa selalu check direct access Airlines unttuk memastikan bahwa PNR di ABACUS sudah sama dengan di Airlines. entry : @QGA/*RAB6DEF (untuk GA) Airline yang berpartisipasi di direct access : GA, SQ, MH, PR, BR,CI, CX, BI Jangan menggunakan PNR yang sudah tercancel karena time limit (HX). Sebaiknya buat PNR … READ MORE
-
Mulai Awal Mei Mendatang, Qatar Airways Menerapkan Komisi 0% untuk SOTO Ticket
Efektif per tanggal 1 Mei 2018, Qatar Airways akan menerapkan komisi 0% untuk setiap tiket yang di issued di luar negara asal Agent berada. Untuk para Travel Agent masih bisa mendapatkan komisi sebelum aturan tersebut diberlakukan. Silahkan klik disini untuk informasi selanjutnya terkait kebijakan penerapan komisi 0% untuk SOTO Ticket Qatar … READ MORE
-
Pengumuman Pemberitahuan Penggunaan Currency IDR Sesuai Ketentuan Baru Pemerintah Indonesia.
Sehubungan dengan adanya peraturan Bank Indonesia No. 17/3/PBI/2015 tentang kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. Maka mulai tanggal 1 Juli 2015 mata uang yang digunakan di dalam system Abacus akan berubah dari USD menjadi IDR. Berikut beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan Travel Agent pengguna Abacus sehubungan dengan proses perubahan penggunaan mata uang ini. Tanggal 30 JUNI 2015 Pukul 21.30 WIB adalah batas akhir untuk Travel Agent issued ticket menggunakan currency USD, termasuk untuk REFUND dan REISSUE ticket. Abacus akan melakukan proses peralihan systems ke IDR selama 3 Jam mulai pukul 23.00 WIB tanggal 30 Juni 2015 hingga pukul 02.00 WIB tanggal 01 Juli 2015. Selama proses ini pengguna Abacus masih dapat melakukan booking namun tidak diperbolehkan untuk pricing dan issued ticket. Setelah proses peralihan atau mulai tanggal 1 Juli 2015 pukul 02.00 WIB berlaku ketentuan sebagai berikut : A. PRICING & TICKETING Auto pricing masih menggunakan entry yang sama contoh WPAGA (Carrier GA) Publish Fare masih dalam USD, sedangkan Tax dan Total sudah dalam IDR. Fare Calculation masih dalam USD karena Fares filing dari Airlines masih menggunakan USD. Check Conversion rate IDR bisa dilihat pada saat entry auto pricing atau dapat di check secara manual dengan Entry : DC‡USD1/IDR atau DC‡USD1/IDR/20MAY15 (past date) FOP (form of payment) harus ditambahkan conversion rate IDR, contoh FAGT/IDR 13513.5 Conversion rate menggunakan ICER (IATA Consolidate Exchange Rate) yang akan diupdate setiap hari oleh BI (Bank Indonesia) FOP khusus SQ menggunakan entry : FAGT/QS/UDD IDR 13513.5 (UDD : Code CUMBERLAND masih menggunakan Net USD sesuai informasi dari Singapore Ailines) Sesuai instruksi dari IATA, untuk ISSUED, REFUND dan REISSUE ticket yang lebih dari 8 digit harus langsung ke Airlines. B. SALES REPORT Sales report (DQB*) sudah dalam mata uang IDR Sales Report untuk ticket yang di issue pada bulan Juni 2015 dan jatuh tempo pembayaran pada bulan Juli 2015 maka dibayar dengan USD. Billing statement BSP atau settlement dalam mata uang IDR. Semua PCC Agent akan dimigrasi currency-nya ke IDR termasuk agent yang menggunakan Web connect/online booking. Klik untuk update mengenai implementasi IDR lainnya di sini. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Abacus Indonesia … READ MORE
-
Churning Booking SQ yang telah di perbarui pada DRS page 68
Churning Booking SQ yang telah di update pada DRS page 68 ( Y/MKT/ID1/P68 ). Isi DRS ( jika perlu sebagai lampiran ) : Y/MKT/ID1/P68« CATEGORY-MKT SUBJECT-ID1 SQ CHURNING BOOKING PAGE 068 01 ************************ SQ CHURNING BOOKING **************** 02 ************************************************************* 04 MULAI FEBRUARY 2018,SQ AKAN CHARGE TRAVEL AGENT UNTUK 05 CHURNING BOOKING. 06 JIKA MELAKUKAN REBOOKING MELEBIHI 5X,MAKA SETELAH REBOOKING 07 KE5 TRAVEL AGENT AKAN DIKENAKAN ADM SEBESAR : 08 USD10/PAX/SEGMENT. 09 SESUAI DENGAN KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT : 10 1. BOOK,CANCEL,BOOK,CANCEL,BOOK,CANCEL,BOOK,CANCEL,BOOK, 11 CANCEL,BOOK AND ISSUED —-> 5CANCELLATIONS,NO ADM 12 2. BOOK,CANCEL,BOOK,CANCEL,BOOK,CANCEL,BOOK,CANCEL,BOOK, 13 CANCEL,BOOK,CANCEL —-> 6CANCELLATIONS AND ADM FOR 14 1 CANCELLATIONS. 15 3. WAITINGLIST SEGMENT TIDAK TERMASUK CHURNING. 16 4. CHURNING TERHITUNG MULAI DARI BULAN SEBELUMNYA,MISAL : 17 AGENT A,PADA BULAN FEB 4X CHURNING (4X CANCEL REBOOK) 18 PADA BULAN MAR 3X CHURNING (3X CANCEL REBOOK) 19 CHURNING DILAKUKAN DI PNR YANG SAMA. 20 ADM AKAN DIKENAKAN PADA BULAN MAR UNTUK CHURNING 21 KE6 DAN KE7, DGN ADM SEBESAR USD 20/PAX/SEGMENT. 22 DAN DI BULAN APRIL AGENT AKAN MENERIMA ADM, 23 SEBESAR USD 30/PAX/SEGMENT UNTUK 3X CHURNING,DI 24 BULAN APRIL. 25 5. KONFIGURASI YG DIGUNAKAN SEBAGAI PARAMETER CHURNING, 26 ADALAH : RUTE KEBERANGKATAN,RUTE TUJUAN, 27 NOMOR PENERBANGAN,TGL PENERBANGAN,NOMOR IATA 28 DAN NAMA PENUMPANG. 29 6. ADM UNTUK CHURNING DIKELUARKAN OLEH ACCELYA DAN AGENT 30 BISA DISPUTE MELALUI BSP LINK ATAU EMAIL KE : 31 SQ.DISPUTES@ACCELYA.COM, DALAM 10 HARI SETELAH ADM 32 DIKELUARKAN. 33 JIKA ADA PERTANYAAN ATAU INFORMASI YANG KURANG JELAS PERIHAL 34 CHURNING BOOKING MAKA DAPAT MENGHUBUNGI SALES TEAM SQ. 35 ************************************************ AM … READ MORE
-
BSP ERROR CODE
Sehubungan dengan adanya laporan BSP error code saat issue ticket pada 14 Juli 2014 lalu. Bersama ini kami informasikan beberapa error code yang akan muncul dan cara pencegahannya, dengan mendownload file BSP Error Code pada link berikut ini: BSP R E T ERROR dan R E T Validation Error reports Errror Number & description 140 : INVALID ALPHANUMERIC CHARACTER 254 :AGENT HAS NO DEFAULT COMMISSION RATE FOR AIRLINE 210 : AGENT HAS NO CIP PLATE FOR AIRLINE (Action : Check jam berapa agents issue ticket dan keluarnya Deactivate dari IATA) Contoh Error seperti file RET error terlampir: Untuk error 140 mohon agar menggunakan characters yang diperbolehkan oleh IATA Yaitu : Full Stop. Slash / Minus – Blank Space Dari data ticket yang ada, banyak Travel agents yang menggunakan tanda symbol sperti ** dan &, yang menyebabkan IATA/BSP file processing mengeluarkan error response pada BSP Link. Oleh karena itu gunakanlah characters yang memang diperbolehkan oleh … READ MORE
-
Nikmati Dan Manfaatkan Agency eServices Baru Yang Modern & Dinamis
Agency eServices merupakan cara cerdas untuk mendapatkan bantuan instan dan dukungan dari Sabre Travel Network. Anda dapat melihat dan mengakses dan memanfaatkan bantuan 24 jam, seperti Format Finder, Personal Trainer, Agen Connect, Quick Reference dan lain-lain. Klik di sini untuk baca selengkapnya. … READ MORE