Article
Maskapai Penerbangan Komunikasikan Kebijakan Keselamatan Penerbangan Melalui Sabre “Rich Content”

Di masa pendemi, berbagai kebijakan diberlakukan di berbagai negara, guna menghentikan penyebaran virus COVID-19 yang cukup mengkhawatirkan. Maskapai penerbangan pun tidak terlepas dari penerapan kebijakan tersebut, salah satunya adalah maskapai harus mematuhi pedoman pembatasan jarak sosial yang diberlakukan pemerintah untuk mengatur permintaan pada healthcare system.
Sabre secara ekskusif menerbitkan makalah Sabre Insights, yang berfokus pada Passenger Experience. Makalah ini menyoroti tentang berbagai kebijakan yang diterapkan maskapai maskapai saat ini untuk membuat penumpang aman dan nyaman selama penerbangan.
Tindakan yang diambil maskapai hingga saat ini meliputi area seperti menghalangi kursi tengah, peningkatan pembersihan pesawat, masker yang diperlukan selama penerbangan dan pengenalan pemeriksaan kesehatan.
Unduh dan baca makalah lengkapnya disini.
Related Articles
-
Electra Jalin Kerja Sama Asuransi CIU Jamin 100% Penggantian Uang Pembatalan Tiket Pesawat
Jakarta, 7 Agustus 2019 – Sabre Travel Network Indonesia melalui unit layanan usaha berbasis aplikasi internet “Electra” menjalin kerja sama dengan Asuransi Citra International Underwriters (CIU Insurance) meluncurkan produc terbaru “Smart Ticket”. Produk ini diluncurkan membantu para pelanggan untuk menjamin proses pengembalian uang pemesanan tiket pesawat akibat pembatalan, keterlambatan penerbangan. Acara peluncuran dan penandatanganan nota kerja sama “Smart Ticket’ ini dihadiri oleh Direktur Utama Sabre Travel Network Indonesia Denny Fajar dan Direktur Utama CIU Insurance, Luki H. Wahjoe di Jakarta, Rabu (7/8). Direktur Utama Sabre Travel Network Indonesia Denny Fajar menjelaskan seringkali dijumpai sesuatu hal yang tidak terduga dan menyebabkan berbagai kondisi yang memaksa para pelanggan harus membatalkan jadwal penerbangan mereka, sehingga menyebabkan para pelanggan dan travel agent mengalami kerugian. Dengan “Smart Ticket” ini para pelanggan tidak perlu khawatir terhadap masalah pembatalan tiket pesawat karena aplikasi “Electra” sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam menghadapi kondisi tersebut. “Produk “Smart Ticket” ini merupakan fasilitas bagi para pelanggan yang mengalami masalah dalam penerbangan mereka. Para pelanggan hanya cukup membayar satu premi untuk mendapatkan tiga manfaat.” ujar Denny. Ia menambahkan hal – hal seperti pembatalan tiket domestik dan internasional maskapai Garuda Group oleh penumpang, akan mendapatkan solusi penggantian dana atau refund hingga 100%, bahkan untuk tiket promo yang non refunable hingga 20%. Selain itu, jika mengalami keterlambatan penerbangan hingga lebih dari 4 jam, atau pelanggan meninggal dunia dan kecelakaan di dalam area bandara juga akan diberikan kompensasi. Menurut Direktur Marketing CIU Insurance, Nickolai B. Indrarajasa menjelaskan melalui program ini pelanggan tetap merasa aman selama memesan tiket pesawat dan tidak perlu khawatir jika uang mereka tidak kembali akibat terjadi pembatalan penerbangan dan juga jauh lebih simple dan mudah jika dibandingkan dengan proses apabila tidak menggunakan “Electra”. “Proses refund pengguna “Electra” cukup menjalani beberapa prosedur yang sangat mudah yakni pertama, kita cukup mencantumkan kode pembukuan, nomor KTP, serta halaman depan rekening tabungan melalui website klaim di aplikasi Agent pengguna “Electra”. Hal ini dilakukan verifikasi data penumpang dan perhitungan besar klaim. Selanjutnya, setelah proses verifikasi dan perhitungan tersebut selesai, dana akan dikirimkan ke akun milik penumpang hanya dalam waktu maksimal 2×24 jam.” jelas Nickolai. Denny berharap dengan kehadiran dan kemudahan yang disediakan oleh Asuransi CIU ini membuat para pelaku bisnis travel dan pelanggan tidak memiliki rasa khawatir terhadap masalah pembatalan tiket pesawat, keterlambatan dan ketidaknyamanan lainnya. “Ke depan kami terus berinovasi dalam menambah layanan dan fitur yang beragam untuk kepuasan pelanggan, salah satunya adalah paket Umroh.” tutup Denny. Sementara itu Nickolai berharap melalui kerja sama dengan Electra, Smart Ticket ini dapat memberikan pelayanan terbaik dalam bidang klaim asuransi perjalanan baik untuk pelanggan maupun travel agent. “Electra” merupakan booking engine yang berbasis pada platform E-Commerce yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam traveling, seperti online payment, travel insurance, travel cash, hingga pay later berupa dukungan Bank Nasional terhadap kebutuhan pembiayaan yang diperlukan oleh travel agent terutama dalam mengelola klien korporasinya, semuanya sudah ditanamkan dalam satu platform. Sedangkan Asuransi CIU sampai saat ini telah menerbitkan produk asuransi perjalanan haji dan umrah, sekaligus telah melayani 130 ribu jamaah. Dari total tersebut, sebanyak 1800 klaim dari jamaah dilakukan dengan alasan … READ MORE
-
Sabre Indonesia Berbagi Untuk Sesama
Sebagai bentuk keprihatinan Sabre terhadap para pengemudi ojek online yang terdampak langsung sepinya penumpang akibat Covid-19, Sabre mengadakan kegiatan “Sabre Berbagi” yang diselenggarakan di beberapa tempat di Jakarta. Pandistibusian bantuan diberikan langsung oleh beberapa perwakilan dari karyawan Sabre Indonesia. Kegiatan ini rencananya akan rutin dilakukan sekali dalam seminggu dan memperluas cakupan penerima … READ MORE
-
Kemitraan Lion Air Group dan Sabre
Sabre Corporation penyedia perangkat lunak dan teknologi terkemuka yang menggerakkan industri perjalanan global, pada tanggal 29 Juni 2021, mengumumkan perpanjangan perjanjian dengan Lion Air Group Indonesia. Lion Air Group dan Sabre telah memiliki hubungan yang sanngat valuable dan berlangsung lama, dimana Lion Group Indonesia yang telah menggunakan SabreSonic Customer Sales and Service (CSS) Sabre serta rangkaian Crew Management, Operation, dan Scheduling Solution untuk membantu mengoptimalkan kegiatan sehari-hari, mengurangi biaya dan perencanaan strategis di seluruh grup Lion Air, yang juga mencakup Batik Air Indonesia, Wings, Malindo Air dan Thai Lion Mentari. Grup ini juga mendistribusikan inventarisnya secara global melalui platform GDS Sabre. Grup maskapai penerbangan yang berkantor pusat di Jakarta, yang terbang ke berbagai tujuan di Asia Pasifik, menambah perangkat teknologinya dengan seperangkat perangkat omni-channel tambahan dari Sabre. Yang akan meengoptimalkan produksi dan solusi end-to-end yang mudah dioperasikan. Lion Air Group juga akan menggunakan Ruang Kerja Digital Sabre untuk memungkinkan pemrosesan permintaan penumpang yang lebih cepat saat bepergian, termasuk menggunakan versi tabletnya untuk menyediakan layanan pelanggan yang dipersonalisasi secara digital dan akan menggunakan Sabre Digital Connect, API Hub yang mendukung layanan mikro yang komprehensif, untuk memperkuat kemampuan eCommerce. Terakhir, serangkaian alat manajemen integritas pendapatan untuk membantu mendorong peningkatan pendapatan. “Kami senang untuk menegaskan dan memperkuat hubungan jangka panjang kami dengan Lion Air Group dalam sebuah perjanjian yang merupakan bukti kepercayaan grup terhadap Sabre untuk memberikan solusi canggih yang diperlukan untuk memungkinkan maskapai penerbangan menangkap pemulihan pasar, untuk memperkuat keunggulannya di posisi pasar Indonesia dan mendorong pertumbuhan global di masa depan,” ujar Rakesh Narayanan, Vice President, Regional General Manager, Asia Pasifik, Travel Solutions Airline Sales. “Sekarang, sangat penting untuk memiliki teknologi yang tepat untuk memungkinkan strategi layanan tambahan yang diterapkan dengan baik untuk memaksimalkan setiap kursi, sambil memastikan bahwa kebutuhan dan keinginan yang berubah dari setiap penumpang dapat dipenuhi.” “Lion Air Group adalah salah satu entitas terbesar di pasar penerbangan global dengan ekspansi pesat yang nyata, terutama selama dua dekade terakhir,” kata Datuk Chandran Rama Muthy, Group Strategy Director, Lion Air Group. “Grup Maskapai kami mencakup model LCC, FSC, dan Hybrid, sehingga sangat penting bagi kami untuk memiliki mitra teknologi yang tepat, yang mampu memberikan solusi yang kuat di semua segmen maskapai. Hubungan 21 tahun Lion Air Group dengan Sabre dan renewal perjanjian dengan Sabre ini berarti kami dapat terus mengoptimalkan operasi sehari-hari kami dan mendistribusikan konten secara global melalui GDS Sabre, sementara secara bersamaan dapat fokus pada modernisasi kemampuan pendapatan tambahan kami dan kami berharap dapat memainkan peran kunci dalam pemulihan perjalanan di pasar kami.” Tentang Perusahaan Sabre Sabre Corporation adalah perusahaan perangkat lunak dan teknologi terkemuka yang menggerakkan industri perjalanan global, melayani berbagai perusahaan perjalanan termasuk maskapai penerbangan, pelaku bisnis perhotelan, agen perjalanan, dan pemasok lainnya. Perusahaan ini menyediakan solusi ritel, distribusi, dan pemenuhan yang membantu pelanggannya beroperasi lebih efisien, mendorong pendapatan, dan menawarkan pengalaman perjalanan yang dipersonalisasi. Melalui pasar perjalanan terkemuka, Sabre menghubungkan pemasok perjalanan dengan pembeli dari seluruh dunia. Platform teknologi Sabre mengelola pengeluaran perjalanan global senilai lebih dari $260 miliar setiap tahunnya. Berkantor pusat di Southlake, Texas, AS, Sabre melayani pelanggan di lebih dari 160 negara di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.sabre.com. Link details … READ MORE
-
Sudahkah Anda Mengganti Abacus Whiz Dengan Point of Sales Terbaru Kami, Abacus WorkSpace?
Abacus eNewsletter Edisi 3, 2014 Sudahkah Anda Mengganti Abacus Whiz Dengan Point of Sales Terbaru Kami Abacus WorkSpace? Pada kwartal pertama 2014, Abacus akan mulai men-sunset Abacus point of sales lama, Abacus Whiz. Pengguna Abacus harus mulai menggunakan Abacus WorkSpace (AWS) baru. Segera hubungi Abacus Indonesia untuk mengganti Abacus Whiz lama Anda dengan point of sales terbaru dari Abacus atau Anda juga dapat mendownload sendiri installer versi terbaru dari AWS di Abacus eServices. [ezcol_2third] Dapatkan link untuk mendownload AWS Installer di eServices pada menu support – download – abacus workspace – installer Abacus WorkSpace Tips & Updates Simak pula update dan tips terkait AWS di dalam Abacus eServices. Karena kami menyediakan menu untuk Anda mendownload dan mengetahui lebih jauh tentang AWS, seperti: Workspace minimum specifications, Tutorial cara booking travel insurance menggunakan AWS, Aplikasi tambahan yang bisa digunakan di AWS, Cara seting ET-PIR di AWS, Common error list & troubleshooting, Cara Instalasi AWS, dan lain-lain.Tidak hanya itu Anda juga dapat memberikan feedback terkait AWS di Abacus eServices comment form. Segera login ke eServices sekarang menggunakan sign in Abacus Anda atau kunjungi abacus.com.sg/AbacusWorkSpace/ untuk Anda yang belum menggunakan Abacus Systems. [/ezcol_2third] [ezcol_1third_end] … READ MORE
-
Gandeng Abacus, Asuransi Sinar Mas Genjot Premi Asuransi Perjalanan
Jakarta, 6 Agustus 2014 – Melanjutkan sukses kerjasama pemasaran produk asuransi perjalanan dengan maskapai penerbangan Lion Airlines, PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali melakukan kerjasama affinity dengan Perusahaan lain. Kali ini, ASM menggandeng PT Abacus Distribution Systems sebagai perusahaan penyedia sistem reservasi tiket online yang memiliki jaringan di seluruh Asia Pasifik dan memiliki kantor pusat di Singapura. “Saat ini PT Abacus Distribution Systems memiliki lebih dari 3 milliar booking volume dalam operasinya di Indonesia dan telah memperoleh pendapatan sebesar Rp 3,2 milliar dengan market share sebesar 71,54%, data dan fakta itulah yang menjadikan ASM tertarik untuk menjalin kerjasama yang lebih intensif dengan PT Abacus Distribution Systems untuk menggenjot premi produk asuransi perjalanan”, ungkap Direktur Asuransi Sinar Mas, Aryanto Alimin. Acara penandatanganan kerjasama antara PT Asuransi Sinar Mas dan PT Abacus Distribution Systems dilakukan bersamaan dengan acara travel agent gathering yang dilakukan oleh PT. Abacus Distribution Systems di Jakarta. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi seluruh top travel agent representatives yang hadir untuk menjalin networking antar sesama travel agent tak terkecuali dengan PT Asuransi Sinar Mas. “Bagi PT Asuransi Sinar Mas sendiri, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan product awareness pada para travel agent representatives akan pentingnya asuransi perjalanan sehingga nantinya para travel agent representatives tersebut dapat meneruskannya kepada klien mereka masing-masing yang hendak membeli tiket perjalanan atau akan melakukan perjalanan untuk dapat membeli produk asuransi perjalanan dari ASM”, lanjut Aryanto. Sampai dengan triwulan 2 tahun 2014, PT Asuransi Sinar Mas telah berhasil membukukan premi asuransi perjalanan sebesar Rp 8,3 Milyar. PT Asuransi Sinar Mas memiliki beberapa varian produk asuransi perjalanan yang dapat dibeli untuk memproteksi setiap agenda perjalanan agar menjadi aman dan nyaman, yaitu Simas Mudik, Simas Travel Domestik, dan Simas Travel Overseas. Seluruh produk asuransi perjalanan telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). … READ MORE
-
Abacus Indonesia Travel Fair 2014, Solusi Terbaik Untuk Rencana Perjalanan Anda
Industri perjalanan wisata terus bertumbuh beriringan dengan semakin meningkatnya animo masyarakat luas mengunjungi beragam destinasi di seluruh dunia. Melakukan perjalanan sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern, dan Abacus ikut berperan mengembangkan diri memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya melalui Abacus Indonesia Travel Fair 2014, yang tidak hanya memberikan kontribusi terbaik dalam industri perjalanan, tetapi juga menghubungkan travel agent dan calon penumpang. [ezcol_2third] Dengan pengalaman lebih dari satu dekade menjadi tulang punggung industri travel agent di wilayah Asia Pasifik, kini Abacus melangkah lebih dekat dengan kalangan yang lebih luas untuk menghadirkan pelayanan terbaik mendukung kegiatan perjalanan mereka. Melalui Abacus Indonesia Travel Fair 2014, yang didukung lebih dari 20 travel agent terbaik di Indonesia dan setidaknya 12 airlines terkemuka, para pengunjung akan memperoleh beragam paket menarik dengan harga yang kompetitif untuk perjalanan yang akan dilakukan pada sisa tahun 2014 hingga sepanjang tahun 2015. Abacus Indonesia Travel Fair 2014 yang diadakan di Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta pada 21 – 23 November 2014 ini ditargetkan akan menyerap lebih dari 90,000 pengunjung dan menjadikan event ini sebagai event travel terbesar terakhir di tahun 2014. Abacus saat ini telah bertransformasi menjadi sistem yang mampu menyediakan fitur-fitur yang user friendly, sehingga siapapun dan dimanapun bisa mengakses informasi perjalanan wisata mereka melalui beragam perangkat teknologi yang tersedia. Bersamaan dengan Abacus Indonesia Travel Fair 2014, pengunjung dapat juga mengunjungi Mandiri Islamic International Expo ke-10 untuk pilihan destinasi wilayah timur tengah dan perjalanan ibadah umrah dan haji. Abacus Indonesia Travel Fair 2014 didukung oleh sejumlah maskapai terkemuka, seperti All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, Eva Air, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Qatar Airways, Singapore Airlines dan Qantas, yang akan memberikan harga terbaik dan kejutan menarik melalui para travel agent peserta. Selain itu dukungan Bank Mandiri sebagai official bank partner akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung dalam hal pembayaran dan cicilan hingga 12 bulan dengan Mandiri Power Point. Kemeriahan Abacus Indonesia Travel Fair 2014 semakin lengkap dengan kesempatan emas bagi para pengunjung untuk mendapatkan grand prizes motor dan tiket penerbangan gratis. Pastikan Anda tidak melewatkan Abacus Travel Fair dan Mandiri Islamic International Expo yang akan diadakan pada 21-23 November 2014 di Jakarta Convention Center. Download eFlyer Abacus Indonesai Travel Fair di sini Download logo Abacus Indonesia Travel Fair di sini Klik di sini untuk melihat photo-photo acara. [/ezcol_2third] [ezcol_1third_end] [/ezcol_1third_end] … READ MORE
-
Telah Hadir Kembali Singapore Airlines Travel Fair ( SQTF ) 2023
Seperti acara sukses tahun sebelumnya, di awal Februari tahun 2023 ini, Singapore Airlines Kembali mengadakan Travel Fair yang diselenggarakan di 4 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan pada tanggal 10-12 Februari 2023. Rasakan kenyamanan terbang Bersama Singapore Airlines ke destinasi favorite anda dengan harga terbaik yang di berikan oleh Singapore Airlines pada event SQTF 2023. #SingaporeAirlinesTravelFair #Togetherwemaketravelhappen #sabre #sabretnid #sabreindonesia #globaldistributionsystem #gds #travelling … READ MORE
-
Susunan Dewan Komisaris Baru PT. Sabre Travel Network Indonesia
Jakarta, 8 September 2017. Dalam rangka peningkatan fungsi pengawasan pada anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan agar sejalan dengan strategi Garuda Indonesia Group, Garuda Indonesia resmi melakukan perubahan susunan Dewan Komisaris PT Sabre Travel Network Indonesia yang sudah ditetapkan oleh pemegang saham pada 28 Juli kemarin. Adapun perubahan yang terjadi di susunan Dewan Komisaris, yakni Bapak Sigit Muhartono sebagai Komisaris Utama digantikan oleh Ibu Nina Sulistyowati. Perubahan susunan Dewan Komisaris ini dilakukan diluar Rapat Umum Pemegang Saham PT Sabre Travel Network Indonesia. Dengan adanya perubahan tersebut, maka formasi Dewan Komisaris Sabre sebagai berikut: Komisaris Utama : Nina Sulistyowati Komisaris : Tengku Burhanuddin Komisaris : Rakesh Narayanan Selain menjabat sebagai komisaris utama, beliau juga memang posisi sebagai Direktur Marketing dan Teknologi Informasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Pada penandatanganan berkas acara serah terima Komisaris Utama antara Bapak Sigit Muhartono dan Ibu Nina Sulistyowati, turut hadir dan menyaksikan Bapak Denny Fajar Arianto selaku Direktur PT Sabre Travel Network Indonesia dalam peresmian susunan Dewan Komisaris Sabre yang … READ MORE