Article
Transformasi Abacus Indonesia – Melalui Peluncuran Brand Sabre Travel Network Indonesia

Transformasi Abacus Indonesia – Melalui Peluncuran Brand Sabre Travel Network Indonesia
Jakarta, 15 Desember 2015 – Abacus Indonesia secara resmi bertransformasi menjadi Sabre Travel Network Indonesia melalui sebuah acara seremonial yang diadakan di Gaia Oso Ristorante @Altitude, The Plaza, Jakarta, yang dihadiri oleh lebih dari 200 klien setianya, terdiri dari agen perjalanan, maskapai penerbangan, asuransi, asosiasi perjalanan dan tamu VIP.
Sabre merupakan perusahaan penyedia teknologi untuk perjalanan dan industri pariwisata global terkemuka di dunia. Sejak 1 Juli 2015, Sabre Internasional telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Abacus, sebuah sistem distribusi global terkemuka di Asia Pasifik. Selain menjadi pemegang saham tunggal terbesar dari Abacus, Sabre juga telah menjadi penyedia teknologi Abacus selama 17 tahun terakhir dan menjadi kekuatan di balik sebagian besar produk inti yang diberikan GDS tersebut kepada pelanggannya hingga hari ini.
Dengan brand yang baru, akan terjalin hubungan yang lebih inovatif dan saling melengkapi memasuki tahap pertumbuhan industri travel yang luar biasa di kawasan Asia Pasifik. Transformasi ini juga akan memudahkan seluruh pihak yang terlibat mencapai tahap tersebut, dan sebagai tanda dukungan Sabre, semua maskapai akan memiliki perjanjian jangka panjang yang baru agar dapat memberikan konten, tarif pasar dan dukungan pemasaran yang sama yang dinikmati pelanggan pada saat ini. Para pelanggan juga akan terus menikmati akses tanpa batas ke produk dan layanan, seperti Abacus Workspace dan App Centre.
Sabre dan Abacus akan membangun kekuatan global dan regional, berkat kerjasama erat yang sudah terjalin selama hampir dua dekade, berbagi pengetahuan, dan kolaborasi yang menghadirkan inovasi ke pasar industri travel, termasuk peluang segar bagi travel agen dan pemasok untuk tumbuh, bersaing, dan menjadi yang terdepan.
“Nama mungkin berubah, tapi kami tetap Abacus dengan teknologi yang lebih baik, layanan, dan kinerja. Kemarin, kita adalah GDS regional yang terkemuka. Sekarang, kita merangkul pasar global, dan akan menjadi yang terdepan dalam industry GDS,” menurut Denny Fajar, selaku Sabre Travel Network Indonesia Senior Manager & Business Support selama acara berlangsung.
Saat ini, Sabre Travel Network Indonesia sudah menjadi bagian dari lingkup bisnis global, yang memberikan kontribusi pada fase berikutnya dalam pertumbuhan industri travel yang luar biasa di kawasan Asia Pacific.
Related Articles
-
FREQUENTLY ASKED QUESTIONS ABOUT TURKISH AIRLINES RESERVATION
Q1: Kapan perubahan ini mulai berlaku? A: Mulai 1 September 2024, konten TK tidak akan tersedia di Sabre sampai pemberitahuan lebih lanjut. Q2: Apa yang terjadi dengan pemesanan/reservasi TK yang dibuat di Sabre pada atau sebelum 1 September 2024? A: Pemesanan ini akan tetap aktif dan bisa digunakan sesuai tiket pada dan setelah 1 September 2024, tetapi tidak dapat dilakukan perubahan di Sabre. Agen harus memastikan reservasi mencakup email dan nomor telepon penumpang yang valid. Q3: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa mengambil reservasi TK setelah 1 September 2024? A: Tidak, Jika diperlukan perubahan/pembatalan reservasi setelah tanggal 1 September 2024, dapat dilakukan langsung oleh TK. Q4: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa mengeluarkan tiket pada PNR TK mereka setelah 1 September 2024? A: Tidak, reservasi yang memerlukan tiket harus ditangani langsung dengan TK. Q5: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre bisa melakukan changes/refunds/cancellations pada reservasi TK mereka setelah 1 September 2024? A: Tidak, semua changes/refunds/cancellations harus dilakukan langsung dengan TK. Q6: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa melihat ketersediaan dan jadwal TK di Sabre setelah 1 September 2024? A: Untuk Jadwal TK masih bisa dilihat di Sabre, namun untuk ketersediaan tidak dapat lagi dilihat di Sabre. Q7: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa memesan dan mengeluarkan tiket untuk penerbangan yang dioperasikan TK di Sabre setelah 1 September 2024? A: Tidak, Travel Agent yang menggunakan Sabre tidak bisa memesan atau mengeluarkan tiket untuk penerbangan yang dioperasikan TK di Sabre setelah 1 September 2024. Q8: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre bisa menukar tiket yang diterbitkan TK dengan tiket dari maskapai lain setelah 1 September 2024? A: Tidak. Q9: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre bisa memesan dan mengeluarkan faktur untuk segmen pasif TK di Sabre setelah 1 September 2024? A: Ya, namun volume segmen pasif harus sesuai dengan batas kontrak. Sabre tidak boleh digunakan sebagai sistem utama untuk reservasi TK yang dipesan setelah 1 September 2024. Q10: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih akan menerima segmen yang diperbarui jika terjadi perubahan tak terduga setelah 1 September 2024? A: Tidak. Q11: Apa yang terjadi jika ada perubahan jadwal pada penerbangan TK, tetapi tiket ini adalah interline dan diterbitkan pada maskapai lain? A: Travel Agent harus bekerja sama dengan maskapai yang memvalidasi tiket untuk memperbarui tiket. Karena pelanggan mungkin tidak menerima segmen TK yang diperbarui di PNR Sabre, disarankan pelanggan mengambil reservasi di situs web TK untuk memastikan tidak ada perubahan pada rencana perjalanan. Q12: Apa yang terjadi dengan profil penumpang yang terdapat nomor frequent flyer TK setelah 1 September 2024? A: Tidak akan ada perubahan pada profil penumpang. Q13: Apakah segmen PNR TK akan hilang seiring waktu setelah 1 September 2024? A: Ya, segmen PNR TK akan hilang seiring waktu seperti biasa. Q14: Apakah elemen SSR dan OSI akan tetap ditampilkan di Sabre? A: Ya, elemen SSR dan OSI yang dimasukkan pada atau sebelum 1 September 2024 akan tetap terlihat. Elemen SSR dan OSI yang dimasukkan pada atau setelah 1 September 2024 tidak akan terlihat. Q15: Apakah Travel Agent yang menggunakan Sabre masih bisa melihat seat maps TK? A: Tidak, Seat Maps Interaktif dan Seat Maps Pra-Pesan Interaktif tidak akan terlihat setelah 1 September 2024. Q16: Apakah Travel Agent harus memindahkan pemesanan TK mereka ke GDS lain? A: Meskipun memindahkan reservasi adalah opsi, namun agen bisa tetap menyimpan semua PNR di Sabre dan hanya mengambil tindakan yang diperlukan untuk PNR yang memerlukan perubahan untuk perjalanan setelah 1 September 2024. Q17: Bagaimana dengan negosiasi dengan maskapai? A: Setiap maskapai memiliki kebutuhan distribusi yang unik, dan masing-masing menerapkan strategi distribusi yang mereka anggap menguntungkan. Sabre berusaha membantu maskapai menerapkan strategi distribusi mereka sambil memastikan bahwa Sabre membawa nilai ke pasarnya, ke agen, dan ke penumpang yang dilayani. Q18: Akankah kita melihat maskapai lebih memilih koneksi langsung dengan Travel Agent sebagai hasil dari evolusi distribusi? A: Beberapa maskapai siap untuk bergerak cepat dalam mengontrol distribusi mereka dan beralih ke pemesanan langsung dengan agen perjalanan. Namun, koneksi langsung tidak dapat menyamai fungsionalitas GDS. Misalnya, koneksi langsung tidak bisa menyediakan perbandingan harga antar maskapai yang cepat dan efisien, alur kerja yang efisien, memenuhi persyaratan rumit untuk pemenuhan, penanganan pengecualian, dan integrasi back-office, serta tidak memungkinkan adanya aliansi dan konten interline. Juga penting untuk mempertimbangkan biaya yang akan ditanggung Travel Agent untuk mengintegrasikan dan mendukung koneksi langsung di masa depan, serta persyaratan komersial yang ditawarkan maskapai melalui koneksi langsung mereka. Q19: Apakah menurut kita agen akan mulai menggunakan koneksi langsung dan melewati GDS? A: Sebagian besar agen lebih memilih distribusi berbasis GDS karena memberikan kemampuan untuk melakukan perbandingan harga, memungkinkan alur kerja yang efisien, dan mengonsolidasikan konten di satu tempat untuk kemudahan konsumsi. Beberapa pelanggan agen telah menerapkan koneksi langsung dengan sejumlah maskapai, namun, mereka menyatakan bahwa cara tersebut mahal dan tidak efisien, terutama karena konten dan komitmen komersial dapat berubah. Pesan dari komunitas agen konsisten – mereka terus menekankan nilai dari akses terintegrasi penuh ke konten perjalanan yang luas dan dalam melalui efisiensi pasar Sabre, memungkinkan fokus pada pemulihan bisnis dan menghindari tekanan tambahan pada operasional Travel Agent. Q20: Apakah Sabre akan membuat penyesuaian jika Travel Agent gagal memenuhi komitmen kontraktualnya karena konten TK tidak tersedia? A: Ini akan dievaluasi berdasarkan kasus per kasus. Sabre akan bekerja sama dengan Travel Agent dengan itikad baik dan menawarkan fleksibilitas yang akan diberikan dalam kasus-kasus di mana konten ini berdampak material pada komitmen kontraktual agen. Q21: Bagaimana ini akan dikomunikasikan kepada pelanggan? A: Informasi akan diposting di Sabre Central, dan email akan dikirimkan kepada agen pemesan TK teratas pada 29 Agustus 2024. Q22: Apakah Sabre masih dalam pembicaraan dengan TK? A: Tidak saat ini. Namun, kami berharap maskapai ini akan menyadari nilai yang diberikan oleh GDS Sabre dan mempertimbangkan kembali posisinya. Sementara itu, kami tetap terbuka dan bersedia melanjutkan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang mempertimbangkan kebutuhan semua pihak. Q23: Apakah pembaruan ini berdampak pada akses ke konten AJet? A: Tidak, perjanjian AJet bukan bagian dari negosiasi ini, pekerjaan implementasi terus berjalan, dan peluncuran di Sabre tetap dijadwalkan pada 29 Agustus 2024. PDF: Question and Answer Tentang Turkish Airlines … READ MORE
-
Sabre Rutin Ajak Mitra Ngobrol Santai Melalui Live Instagram
Sabre Indonesia rutin gelar kegiatan Ngobrol Santai bareng mitra Sabre secara Live melalui Instagram @sabretnindonesia. Acara ini dijadwalkan Live 2 (dua) kali dalam seminggu, setiap hari Rabu dan Jumat, pukul 16.00 – 16.30. Berbagai mitra Sabre telah menjadi Narasumber di Live Instagram dan berkolaborasi dengan Ibu Sakti Prameswari (VP. Marketing & Business Development Sabre), seperti antara lain; Bapak Djohari (Ketua Umum ASPPI), Bapak Ardika (General Manager Sales Agency Garuda Indonesia Jakarta Raya), Ibu N. Rusmiati (Ketua Umum ASITA), dan Bapak Doni Usman (Direktur DSL Travel). Sabre Indonesia sengaja mengajak para narasumber yang berasal dari berbagai latar belakang, baik Airlines, Asosiasi, ataupun Travel Agent, agar dapat memberikan berbagai informasi kepada para mitra usaha Sabre melalui Live Instagram sesuai dengan bidang dan latar belakang masing-masing. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerja sama Sabre dengan para mitra … READ MORE
-
Selamat Datang Ibu Mitra Piranti, Komisaris Utama Sabre Indonesia
Pada hari ini, Selasa 26 September 2023 Sabre Indonesia telah melakukan perubahan susunan Dewan Komisaris, dimana sebelumnya Komisaris Utama dijabat oleh Bapak Salman El Farisiy menjadi dijabat oleh Ibu Mitra Piranti. Kami segenap Dewan Komisaris, Direksi dan Pegawai Sabre Indonesia mengucapkan salam hangat dari Sabre Indonesia dan selamat bergabung dikeluarga besar Sabre Indonesia. Pergantian Komisaris Utama Sabre Indonesia ini merupakan sebuah momentum penting bagi kami dalam upaya kami untuk tetap terus memberikan layanan yang terbaik kepada mitra-mitra bisnis Sabre Indonesia. Dengan latarbelakang pengalaman serta wawasan yang Ibu Mitra Piranti miliki, akan berdampak positif bagi Sabre Indonesia dalam meningkatkan pelayanan bagi seluruh mitra bisnisnya dan menjawab tantangan bisnis dikedepannya. Kami percaya, bahwa sinergi antara pengalaman Ibu Mitra Piranti dan semangat tim Sabre Indonesia akan membawa Sabre Indonesia berkembang dan terus berkembang pesat dikedepannya. Selamat bergabung Ibu Mitra Piranti dalam keluarga besar Sabre … READ MORE
-
Telah Hadir Kembali Singapore Airlines Travel Fair 2023
Sabre Indonesia berkontribusi menjadi salah satu GDS yang mensupport dalam acara BCA – Singapore Airlines Travel Fair 2023 yang diadakan di Gandaria City Jakarta dari tanggal 25 sampai dengan 27 Agustus 2023, dimana dalam event tersebut turut didukung oleh banyak travel agent yang ikutserta meramaikan. BCA – Singapore Airlines Travel Fair 2023 berjalan secara sukses dan meriah dengan ditandai oleh atusias pengunjung pada acara tersebut. -Together We Make Travel Happen- Sabre … READ MORE
-
Japan Travel Fair Agustus 2019
Japan National Tourism Organization (JNTO) Jakarta, kembali menyelenggarakan Japan Travel Fair (JTF). JTF yang ke-12 kalinya ini akan digelar mulai tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2019, pukul 10:00 hingga 22:00 WIB di Mall Kota Kasablanka (Food Society, Grand Atrium, dan Mozaic Walk). Sementara, acara pembukaan akan diselenggarakan pada hari Jumat, 30 Agustus 2019 pukul 14:00 di Grand Atrium, Ground Floor, Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Selain destinasi wisata populer, JTF kali ini akan memperkenalkan 3 daerah wisata alternatif di Jepang untuk wisatawan Indonesia, yaitu: Prefektur Hokkaido Daerah Kanto (Prefektur Chiba, Gunma, Kanagawa, Saitama) Daerah Chubu (Prefektur Aichi, Fukui, Gifu, Ishikawa, Mie, Nagano, Shizuoka dan Toyama) Daerah Kansai (Prefektur Hyogo, Nara, Okayama, Wakayama) Terdapat pula sejumlah penawaran menarik selama JTF berlangsung, antara lain; Tiket pesawat PP ke Jepang dengan penawaran istimewa dari 5 maskapai penerbangan: All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific Airways, Garuda Indonesia, Japan Airlines (JAL), dan Singapore Airlines. Periode perjalanan hingga Juli 2020. Paket wisata menarik, JR Pass, tiket theme park, SIM Card/WiFi, hotel dan lainnya dari 22 agen perjalanan; Hadiah langsung dari JNTO untuk setiap transaksi di agen perjalanan yang ada di pameran; Cashback hingga 5 juta rupiah, spend & get hingga 1 juta rupiah, dan cicilan 0% hingga 12 bulan khusus bagi pemegang Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit. Turut hadir pula ekshibitor dari Jepang, seperti pengelola transportasi bus, kereta dan shinkansen, pusat perbelanjaan Don Quijote dan Bic Camera, pengelola tempat penginapan, serta pemerintah daerah yang akan mempromosikan pariwisata daerahnya masing-masing, seperti kota Himeji, Kawagoe, Minakami dan Okayama, serta Prefektur Aichi, Hokkaido, Kanagawa, Okinawa, Shizuoka dan Wakayama sehingga pengunjung berkesempatan memperoleh informasi destinasi wisata baru di Jepang. JTF merupakan acara rutin yang diselenggarakan dua kali dalam setahun, masing-masing pada semester satu dan dua setiap tahunnya. JTF pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2019, didukung oleh 22 agen perjalanan, 5 maskapai penerbangan, Bank Mandiri, dan Sabre TN Indonesia sebagai official … READ MORE
-
Sabre Indonesia di SilkAir Travel Fair Makassar
Makassar, 22 Agustus 2016, Sabre Indonesia ikut berpartisipasi dalam SilkAir Travel Fair di Makassar. Acara yang disponsori oleh BCA ini diadakan di Trans Mall Makassar pada tanggal 19 – 21 Agustus 2016 dengan melibatkan 12 Travel Agent di Makassar dan sekitarnya. Sabre Indonesia sendiri turut serta sebagai official GDS dengan menugaskan 2 orang customer support selama pameran berlangsung. Tercatat lebih dari 61 perangkat baik berupa PC maupun laptop terinstall system Sabre pada acara ini. Selama tiga hari pameran Sabre Indonesia juga mencatat lebih dari 1.247 tiket SilkAir terjual selama pameran berlangsung. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Sabre … READ MORE
-
Penandatanganan Kerjasama Garuda Indonesia Group Sabre Indonesia dengan GITC Pada Program Pelatihan Pegawai
Sabre Indonesia dengan Garuda Indonesia melalui unit bisnisnya, yakni Garuda Indonesia Traning Center (GITC) melakukan kerjasama melalui program pelatihan pegawai Sabre Indonesia. Adapun pelatihan yang akan diberikan kali ini yaitu Effective Communication yang dianggap penting untuk menunjang kinerja pegawai Sabre Indonesia dalam menghadapi dinamika bisnis kedepannya. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Berita Acara Kerjasama antara Sabre Indonesia dan Garuda Indonesia Training Center, di Garuda Sentra Operasi (GSO) yang berlokasi di Cengkareng, Tangerang. Penandatananan dilakukan oleh pimpinan tertinggi kedua belah pihak yakni, Bapak Jaya Avianto selaku Pjs Direktur Utama Sabre Indonesia dan Capt Andhika Iswanto Putra selaku Learning & Development Group Head Garuda Indonesia. Melalui kerjasama tersebut telah dilakukan juga penandatangan kerjasama antara Sabre Indonesia dengan GITC pada hari Rabu, 14 Agustus 2024 di Garuda Sentra Operasi (GSO) , Jakarta Barat, yang dilakukan oleh Bapak Jaya Avianto dengan Capt. Andhika Iswanto Putra. Adapun, aktivitas pelatihan ini dilakukan di Gedung Sabre Indonesia, dan dibagi kedalam 2 batch, yakni tanggal 14-15 Agustus 2024 dan tanggal 29-30 Agustus 2024 Kami sangat berharap, aktivitas pelatihan ini akan menjadi sinergi yang positif, kontinyu dan saling membawa nilai tambah bagi kedua … READ MORE
-
Pelaksanaan Qurban Idul Adha 1445 Hijriah
Pada kesempatan Idul Adha tahun ini Sabre Indonesia kembali berkesempatan melaksanakan Ibadah Qurban pada Hari Selasa, Tanggal 18 Juni 2024 pada pagi hari bertempat di halaman depan gedung Sabre Indonesia. Sebagai bentuk rasa Syukur kepada Allah SWT, Sabre Indonesia menyembelih hewan Qurban sebanyak 1 (Satu) ekor Sapi dan 2 (Dua) ekor Kambing. Penyembelihan tersebut tentunya dilaksanakan sesuai dengan Tuntunan Syariat Islam. Hasil Pemotongan Qurban berupa Daging dan lainnya yang telah dikemas dibagikan ke beberapa masjid yang berada di sekitaran Sabre Indonesia seperti Masjid Al-Anwar, Masjid Al-Abror dan Masjid Al-Istikmal, untuk dibagikan kepada kaum yang berhak mendapatkannya. Dengan dilaksanakannya Qurban Idul Adha 1445 H ini, untuk mewujudkan semangat Kebersamaan, semangat Berbagi dan tentunya untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT. Semoga kita semua terus berada dalam lindungan Allah SWT. Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 … READ MORE