Article
EK GDS Wastage Recovery
Informasi terbaru dari Emirates per tanggal Effective 01st October 2014 perihal GDS Wastage.
Hal ini diinformasikan sebagai REMINDER untuk Travel Agent agar lebih berhati-hati di kemudian hari, guna menghindari ADM EK yang di karenakan GDS wastage.
- PNR dengan status HX,UC,UN, NO dapat di cek pada Queue 0,1,7,9.
Entry : QC/ —à ( Menu Queue )
Q/7 —à ( Open Q7 )
QXI —à ( Quit Queue)
- Remove HX segment
Entry : *PNR —à ( retrieve code booking )
XI —à ( remove HX to All segment ) atau X1 —à ( remove HX to segment 1 )
6PR —à ( received agent Initial )
ER —à ( end transaction )
Demikian yang dapat Kami sampaikan, mohon dapat di terima dengan baik.
Related Articles
-
Pengumuman Pemberitahuan Penggunaan Currency IDR Sesuai Ketentuan Baru Pemerintah Indonesia.
Sehubungan dengan adanya peraturan Bank Indonesia No. 17/3/PBI/2015 tentang kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. Maka mulai tanggal 1 Juli 2015 mata uang yang digunakan di dalam system Abacus akan berubah dari USD menjadi IDR. Berikut beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan Travel Agent pengguna Abacus sehubungan dengan proses perubahan penggunaan mata uang ini. Tanggal 30 JUNI 2015 Pukul 21.30 WIB adalah batas akhir untuk Travel Agent issued ticket menggunakan currency USD, termasuk untuk REFUND dan REISSUE ticket. Abacus akan melakukan proses peralihan systems ke IDR selama 3 Jam mulai pukul 23.00 WIB tanggal 30 Juni 2015 hingga pukul 02.00 WIB tanggal 01 Juli 2015. Selama proses ini pengguna Abacus masih dapat melakukan booking namun tidak diperbolehkan untuk pricing dan issued ticket. Setelah proses peralihan atau mulai tanggal 1 Juli 2015 pukul 02.00 WIB berlaku ketentuan sebagai berikut : A. PRICING & TICKETING Auto pricing masih menggunakan entry yang sama contoh WPAGA (Carrier GA) Publish Fare masih dalam USD, sedangkan Tax dan Total sudah dalam IDR. Fare Calculation masih dalam USD karena Fares filing dari Airlines masih menggunakan USD. Check Conversion rate IDR bisa dilihat pada saat entry auto pricing atau dapat di check secara manual dengan Entry : DC‡USD1/IDR atau DC‡USD1/IDR/20MAY15 (past date) FOP (form of payment) harus ditambahkan conversion rate IDR, contoh FAGT/IDR 13513.5 Conversion rate menggunakan ICER (IATA Consolidate Exchange Rate) yang akan diupdate setiap hari oleh BI (Bank Indonesia) FOP khusus SQ menggunakan entry : FAGT/QS/UDD IDR 13513.5 (UDD : Code CUMBERLAND masih menggunakan Net USD sesuai informasi dari Singapore Ailines) Sesuai instruksi dari IATA, untuk ISSUED, REFUND dan REISSUE ticket yang lebih dari 8 digit harus langsung ke Airlines. B. SALES REPORT Sales report (DQB*) sudah dalam mata uang IDR Sales Report untuk ticket yang di issue pada bulan Juni 2015 dan jatuh tempo pembayaran pada bulan Juli 2015 maka dibayar dengan USD. Billing statement BSP atau settlement dalam mata uang IDR. Semua PCC Agent akan dimigrasi currency-nya ke IDR termasuk agent yang menggunakan Web connect/online booking. Klik untuk update mengenai implementasi IDR lainnya di sini. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Abacus Indonesia … READ MORE
-
Sabre DRS perihal Tax Code for Reissued Fee
Kepada para Travel Agent, untuk mengetahui Tax Code for Reissued Fee, dapat di cek pada DRS (Direct Refference System) dengan menggunakan entry berikut : Y/MKT/ID1/P64« CATEGORY-MKT SUBJECT-ID1 TAX CODE FOR REISSUED FEEPAGE 064 01 ————— TAX CODE FOR REISSUED FEE ————— 02 AA —— >CP 03 AC —— > CP 04 AI —— > OD 05 AY —— > EMD 06 BA —— > EMD 07 BI —— > EMD (TKT EMD INPUT KEDALAM EO SAAT REISSUED) 08 BR —— > XP 09 CA —— > OC 10 CI —— > XP 11 CX —— > EMD 12 CZ —— > OB 13 DL —— > INPUTE KEDALAM ADD NET 14 EK —— > OD 15 ET —— > XP 16 GA —— > XP 17 HR —— > DU 18 JL —— > EMD 19 KE —— > OD, NOSHOW FEE MENGGUNAKAN (OC) 20 KL —— > OA 21 KQ —— > QC 22 LH —— > DU 23 MF —— > OB 24 MH —— > OC, NOSHOW FEE MENGGUNAKAN (OD) 25 MK —— > EMD 26 NH —— > EMD 27 PR —— > OD 28 SQ —— > OB 29 SV —— > XP 30 TG —— > XP 31 TK —— > CP 32 OZ —— > XP 33 OD —— > OD 34 QF —— > EMD 35 QR —— > XP 36 UA —— > EMD 37 VN —— > XP 38 WY —— > XP 39 9W —— > CP 40 DATA TERSEBUT DAPAT DI GUNAKAN,NAMUN TETAP HARUS DI MAKESURE 41 KE AIRLINES BERSANGKUTAN. 42 ******************************************** AM … READ MORE
-
Segera Ganti Sistem Operasi Windows XP dengan OS terbaru, untuk Keamanan Abacus WorkSpace Anda
Dengan telah berhentinya dukungan Microsoft terhadap sistem operasi Windows XP pada 30 April 2014 dan tidak compliance-nya Windows XP dengan PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) atau standar keamanan data pemegang kartu baik kartu kredit, ATM, debit, maupun e-money. Seluruh pengguna Abacus WorkSpace yang masih menggunakan Win XP diharapakan untuk segera menggantinya dengan sistem operasi terbaru seperti Win 7/8. Abacus Indonesia juga akan mengupgrade sistem keamanan Abacus WorkSpace pada November 2015 dengan TLS (Transport Layer Security) protocol terbaru yang hanya bisa digunakan di sistem operasi yang memenuhi standar compliance seperti Win 7 dan 8. Sehingga dengan demikian Abacus WorkSpace tidak lagi bisa digunakan di Windows XP. Oleh karena itu, Abacus Indonesia akan segera melakukan upgrade OS seluruh perangkat kami yang ada di lokasi travel agent. Dan Kami menghimbau kepada pengguna Abacus yang menggunakan perangkat sendiri dan masih menggunakan Win XP atau Vista untuk segera menggantinya dengan OS Win 7/8. Karena kami ingin terus memastikan bahwa kebutuhan teknologi dan keamanan pelanggan kami dapat selalu terpenuhi. Adapun Minimum Operating System Software yang kami rekomendasikan adalah sebagai berikut : Microsoft Microsoft Windows 7 – 32 dan 64 bit Microsoft Windows 8 – 32 dan 64 bit (Tidak termasuk Windows 8 RT) Basic support for Terminal Services environment (limited to 100 concurrent Abacus Workspace connections per device/server) Microsoft Windows Server 2003 & 2008 Citrix Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Abacus Technical Support … READ MORE
-
BSP ERROR CODE
Sehubungan dengan adanya laporan BSP error code saat issue ticket pada 14 Juli 2014 lalu. Bersama ini kami informasikan beberapa error code yang akan muncul dan cara pencegahannya, dengan mendownload file BSP Error Code pada link berikut ini: BSP R E T ERROR dan R E T Validation Error reports Errror Number & description 140 : INVALID ALPHANUMERIC CHARACTER 254 :AGENT HAS NO DEFAULT COMMISSION RATE FOR AIRLINE 210 : AGENT HAS NO CIP PLATE FOR AIRLINE (Action : Check jam berapa agents issue ticket dan keluarnya Deactivate dari IATA) Contoh Error seperti file RET error terlampir: Untuk error 140 mohon agar menggunakan characters yang diperbolehkan oleh IATA Yaitu : Full Stop. Slash / Minus – Blank Space Dari data ticket yang ada, banyak Travel agents yang menggunakan tanda symbol sperti ** dan &, yang menyebabkan IATA/BSP file processing mengeluarkan error response pada BSP Link. Oleh karena itu gunakanlah characters yang memang diperbolehkan oleh … READ MORE
-
UPDATES TRIPPLAN BROWSER SPECIFICATION
Efektif 01 January 2016 TripPlan tidak support IE versi 8 dan hanya akan support IE veri 9 atau di atasnya. Demikian diinformasikan dan sangat disarankan untuk terus mengupgrade versi browser Anda untuk dapat mengikuti update dari setiap versi baru. Terima kasih. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Abacus … READ MORE
-
Ketentuan-ketentuan membuat PNR yang harus diperhatikan Travel Agent khususnya untuk booking dan issued ticket Airlines Middle East
Sehubungan dengan sering terjadinya GDS misuse oleh travel consultant pada saat membuat PNR khususnya dengan Airlines Middle East berikut TIPS dan ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan pada saat membuat PNR. Hal ini sangat berguna untuk menghindari Agent terkena ADM dari Airlines. Tidak melakukan booking dengan nama penumpang dan flight (penerbangan) yang sama di lebih dari satu GDS. Tidak melakukan pembukuan Fiktif, Passive dan Double Booking. Tidak melakukan booking hanya untuk tujuan block Seat. Jika status segment HL sudah berubah menjadi HK, maka status HL pada segment protection lainnya harus segera di Delete. Lakukan Pricing dan Ticketing sesuai dengan prosedur yang berlaku Lakukan ET enter untuk respon ET REQUIRED. Perhatikan LAST DAY TKTL pada saat pricing selain SSR Time Limit. Harap perhatikan ketentuan cancel rebook segment masing masing airline untuk menghindari ADM churning Booking. Pastikan untuk booking dan issued tiket di GDS yang sama. Pastikan booking class pada itinerary di system sama dengan yang tertera di dalam ticket. Pastikan untuk selalu membersihkan atau meng-cancel PNR dengan status HX/UN/US/NO/UC sebelum PNR FLOWN . Original destination dengan multi segment harus dibooking dari availability secara bersamaan (Married Segment). Koordinasi langsung dengan pihak Airlines terkait prosedur Group dan STPC. Pastikan setiap hari harus check QUEUE terutama Q 0, 1 , 7 & 9 Demikian ketentuan yang harus diperhatikan travel consultant dalam membuat PNR. Untuk informasi lebih lanjut terkait helpdesk tips ini silahkan hubungi Helpdesk Sabre di No. Telp. 021 27 5353 … READ MORE
-
SV MOBILE & EMAIL ENTRY
Entry nomor telpon dan email Saudi Arabian Saudi Arabian menginformasikan bahwa setiap perjalanan penumpang membutuhkan nomor telpon & email penumpang. Untuk menghindari terjadinya adm, silahkan menggunakan entry yang benar sebagai berikut: Ctcm: 3osi sv ctcm <mobile number>/<language> 3osi sv ctcm 966543210987/ar Ctce: 3osi sv ctce email//business.com 3osi sv ctce … READ MORE
-
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H
Atas nama seluruh manajemen dan karyawan PT. Sabre Travel Network Indonesia, kami mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir dan batin. Sehubungan dengan datangnya hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, tahun 2016. Bersama ini kami informasikan bahwa Sabre Indonesia libur dan cuti bersama mulai tanggal 04 s.d 08 Juli 2016, dan akan kembali beroperasi pada tanggal 11 Juli 2016. Selama periode cuti bersama tanggal 04, 05, dan 08 Juli 2016 Customer support kami akan tetap standby di kantor mulai pukul 08.30 WIB – 14.30 WIB. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Sabre Indonesia. Marketing: T. 021 27 5353 99 E. marketing@sabretn.co.id Customer Support: T. 021 27 5353 88 E. helpdesk@sabretn.co.id. PT. Sabre Travel Network Indonesia wishing you Eid Mubarak 1437 H On behalf of PT. Sabre Travel Network Indonesia management & staff, with best wishes on the occasion, we hope you have a blessed Eid ul-Fitr 1437 H. In connection with the Hari Raya Idul Fitri 1437 H holiday, our office will have leave and holiday period from 04 to 08 July 2016, and will operate again from 11 July 2016. During the leave period, on 04, 05, and 08 July 2016 our Customer Service will stand by at 8:30 am to 14:30 pm. For more information contact Sabre ndonesia. Marketing T. 021 27 5353 99 E. marketing@sabretn.co.id Customer Support T 021 27 5353 88 E. … READ MORE